Pengembangan butir tes pilihan ganda distraktor bermakna untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa SMA Negeri 1 Lawang pada pokok bahasan suhu dan kalor / Muchammad Akbar Nadhiif - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan butir tes pilihan ganda distraktor bermakna untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa SMA Negeri 1 Lawang pada pokok bahasan suhu dan kalor / Muchammad Akbar Nadhiif

Nadhiif, Muchammad Akbar (2011) Pengembangan butir tes pilihan ganda distraktor bermakna untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa SMA Negeri 1 Lawang pada pokok bahasan suhu dan kalor / Muchammad Akbar Nadhiif. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci butir tes pilihan ganda distraktor bermakna miskonsepsi suhu dan kalor. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan butir tes pilihan ganda distraktor bermakna sebagai alat identifikasi miskonsepsi mengetahui kelayakan hasil pengembangan butir tes pilihan ganda distraktor bermakna dalam mengidentifikasi miskonsepsi siswa SMA Negeri 1 Lawang pada pokok bahasan suhu dan kalor dan mengetahui karakteristik produk akhir butir tes pilihan ganda distraktor bermakna untuk mengidentifikasi miskonsepsi yang dialami oleh siswa pada pokok bahasan suhu dan kalor. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian dan pengembangan. Langkah-langkah penelitian yang akan dilaksanakan tahap pendahuluan perencanaan pengembangan produk awal uji lapangan awal dan revisi produk akhir. Penelitian ini menggunakan teknik analisis validasi isi dan analisis program AAFF. Kegiatan validasi dilaksanakan oleh validator yang berasal dari pihak guru dan dosen sebagai ahli materi dan ahli penilaian. Pengumpulan data dilakukan dengan meggunakan angket yang disertai rubrik penilaian soal uraian dan butir tes pilihan ganda yang dihasilkan. Jenis data penelitian meliputi data kuantitatif berupa penilaian validator berdasarkan skala Likert dan data kualitatif berupa tanggapan dan saran yang diberikan oleh validator. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan dapat dikatakan layak baik itu dilihat pada ranah materi konstruksi maupun dari ranah bahasa. Produk yang dikembangkan berupa butir tes yang terdiri dari 26 soal pilihan ganda. Butir tes pilihan ganda distraktor bermakna yang dikembangkan dengan empat pilihan jawaban yaitu a b c dan d dengan satu jawaban benar dan tiga jawaban sebagai distraktor. Butir tes yang dikembangkan memiliki beberapa karakteristik yaitu (1) hanya mencakup satu pokok bahasan yaitu suhu dan kalor dan (2) butir tes yang dikembangkan berdasarkan hasil analisis instrumen untuk mengidentifikasi miskonsepsi yang telah dikembangkan pada penelitian penelitian di luar negeri dan di indonesia sebelumnya. Kelebihan butir tes ini diantaranya adalah dapat digunakan sebagai alat untuk mengidentifikasi miskonsepsi. Kekurangannya adalah butir tes pilihan ganda ini hanya sebatas uji coba pada satu sekolah saja sehingga perlu pengujian lebih lanjut. Hasil penelitian ini mirip dengan hasil penelitian sebelumnya. Oleh karena itu miskonsepsi harus diidentifikasi dan segera ditangani agar miskonsepsi tersebut tidak berkelanjutan di kemudian hari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18264

Actions (login required)

View Item View Item