Penerapan multimetode perkuliahan aktif untuk meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris dan hasil belajar peserta perkuliahan fisika matematika II Jurusan Fisika FMIPA UM / Tutut Marita Finda Frestiyan - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan multimetode perkuliahan aktif untuk meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris dan hasil belajar peserta perkuliahan fisika matematika II Jurusan Fisika FMIPA UM / Tutut Marita Finda Frestiyan

Frestiyan, Tutut Marita Finda (2011) Penerapan multimetode perkuliahan aktif untuk meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris dan hasil belajar peserta perkuliahan fisika matematika II Jurusan Fisika FMIPA UM / Tutut Marita Finda Frestiyan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci multimetode perkuliahan aktif keterampilan berbahasa Inggris hasil belajar Fisika Matematika II Hasil observasi yang dilakukan pada perkuliahan Fisika Matematika II kelas C-AX Jurusan Fisika FMIPA UM menunjukkan adanya beberapa permasalahan. Permasalahan yang muncul adalah rendahnya keterampilan berbahasa Inggris mahasiswa yaitu sebesar 21.08% dan juga rendahnya hasil belajar Fisika Matematika II yaitu dengan rata-rata sebesar 47. Permasalahan lain yang muncul adalah dosen terkesan dominan dalam perkuliahan yang dilakukan meskipun metode yang dilakukan sudah bervariasi. Salah satu cara yang ditempuh untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan multimetode perkuliahan aktif yang terdiri dari curah pendapat (brainstorming) kerja berpasangan (work in pair) presentasi oleh mahasiswa (presentation) penguatan (explanation by lecturer using question and answer tehnique) kuis (uji kompetensi) dan dialog interaktif. Permasalahan dalam penelitian ini bagaimana keterlaksanaan multimetode perkuliahan aktif pada perkuliahan Fisika Matematika II Semester Genap Tahun Akademik 2009/2010 Jurusan Fisika FMIPA UM Malang dan bagaimana peningkatan keterampilan berbahasa Inggris dan hasil belajar Fisika Matematika II dengan penerapan multimetode perkuliahan aktif tersebut. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Data keterlaksanaan multimetode perkuliahan aktif dan keterampilan berbahasa Inggris diperoleh dengan instrumen pengamatan sedangkan hasil belajar Fisika Matematika II diperoleh dari hasil ujian harian (kuis). Kesan atau komentar mahasiswa terhadap pelaksanaan multimetode perkuliahan aktif dikumpulkan melalui angket. Hasil penelitian ini adalah bahwa multimetode perkuliahan aktif Fisika Matematika II yang terdiri dari curah pendapat (brainstorming) kerja berpasangan (work in pair) presentasi oleh mahasiswa (presentation) penguatan (explanation by lecturer using question and answer tehnique) kuis (uji kompetensi) dan dialog interaktif pada setiap pertemuan dapat dilaksanakan dengan tingkat keterlaksanaan 81.6 % pada siklus I dan 87.5% pada siklus II serta terdapat peningkatan sebesar 5.9% terjadi peningkatan keterampilan berbahasa Inggris pada aspek berbicara sebesar 20.7% yaitu meningkat dari 34.4% pada siklus I menjadi 55.2% pada siklus II dan terdapat peningkatan hasil belajar Fisika Matematika II sebesar 2.1 dari hasil belajar 70.8 pada setiap siklus menjadi 72.9 pada siklus II.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18263

Actions (login required)

View Item View Item