Penerapan model pembelajaran generatif untuk meningkatkan minat belajar fisika dan prestasi belajar fisika siswa kelas X.6 SMA N 1 Kepanjen / Sri Wahyuni - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran generatif untuk meningkatkan minat belajar fisika dan prestasi belajar fisika siswa kelas X.6 SMA N 1 Kepanjen / Sri Wahyuni

Wahyuni, Sri (2011) Penerapan model pembelajaran generatif untuk meningkatkan minat belajar fisika dan prestasi belajar fisika siswa kelas X.6 SMA N 1 Kepanjen / Sri Wahyuni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Model pembelajaran Generatif minat belajar fisika prestasi belajar fisika Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di kelas X.6 SMAN 1 Kepanjen diperoleh informasi bahwa guru sudah pernah menerapkan beberapa metode pembelajaran inovatif tetapi masih belum menampakkan hasil guru masih sering menggunakan metode klasikal dengan proses pembelajaran berpusat pada guru berdasarkan data awal diperoleh nilai ulangan harian sebelum tindakan sebe-sar 50 17 dan memenuhi KKM (75) hanya 20% siswa yang lulus. Guru menyam-paikan materi menggunakan tayangan slide sedangkan siswa hanya mendengar-kan sambil mencatat dan pada akhir pembelajaran mengkopi slide tayangan guru. Metode klasikal yang diterapkan oleh guru dapat membuat minat belajar fisika siswa berkurang dan mempengaruhi hasil prestasi belajar fisika. Model pembela-jaran menurut peneliti yang cocok diterapkan untuk dapat menumbuhkan minat siswa adalah Model Pembelajaran Generatif. Model ini memung-kinkan siswa untuk mengintegrasikan secara aktif pengetahuan barunya dengan menggunakan pengetahuan yang sudah dimiliki sebelumnya. Pengetahuan baru itu akan diuji dengan cara menggunakannya dalam menjawab persoalan atau gejala yang terkait. Jika pengetahuan baru itu berhasil menjawab permasalahan yang dihadapi maka pengetahuan baru itu akan disimpan dalam memori jangka panjang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan Model Pembe-lajaran Generatif sehingga dapat meningkatkan minat belajar fisika dan prestasi belajar fisika siswa kelas X.6 di SMAN 1 Kepanjen tahun ajaran 2010/2011. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan meng-gunakan pendekatan kualitatif. Kegiatan pembelajaran terdiri dari 2 siklus setiap siklus terdiri dari kegiatan perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Pengambilan data dilakukan dengan observasi tes angket dan catatan lapangan. Penelitian dilaksanakan di kelas X.6 SMAN 1 Kepanjen dengan jumlah 30 siswa. Hasil analisis pada siklus I dan siklus II menunjukkan minat belajar fisika dan prestasi belajar fisika siswa kelas X.6 SMAN 1 Kepanjen mengalami pening-katan. Minat belajar fisika berdasarkan angket mengalami peningkatan dari sebe-lum tindakan dan sesudah tindakan sebesar 2 453 menjadi 2 928. Hasil minat ber-dasarkan hasil lembar observasi pada siklus I sebesar 64 59% menjadi 85 42% pada siklus II. Peningkatan Prestasi belajar fisika siswa dapat dilihat dari mening-katnya aspek kognitif dari skor 83 pada siklus I menjadi skor 94 atau meningkat sebesar 13 3% pada siklus II. Berdasarkan keterangan di atas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran generatif mampu meningkatkan minat belajar fisika dan prestasi belajar fisika siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18259

Actions (login required)

View Item View Item