Rahman, Fadlur (2011) Penerapan pembelajaran kooperatif model student team achievement divisions (STAD) dengan menggunakan metode eksperimen untuk meningkatkan kemampuan berinteraksi sosial, keterampilan proses, dan prestasi belajar fisika siswa kelas VII A SMP Islam Paiton Probolinggo / Fad. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Pembelajaran Kooperatif model STAD Metode Eksperimen Kemampuan Berinteraksi Sosial Keterampilan Proses dan Prestasi Belajar. Hasil observasi awal kemampuan interaksi sosial siswa masih rendah Keterampilan Proses Siswa juga masih rendah dan prestasi belajar fisika siswa masih rendah. Ketuntasan belajar fisika siswa hanya mencapai 37 04 %. Menurut hasil wawancara informal dengan guru fisika kelas VII A SMP Islam Paiton Probolinggo menunjukkan bahwa pembelajaran fisika masih sering dilakukan dengan menggunakan metode ceramah dan jarang guru melakukan praktikum maupun diskusi kelompok. Pembelajaran Model STAD memiliki empat tahap penelitian meliputi tahap presentasi kelas studi kelompok tes individu dan penghargaan. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keterlaksanaan pembelajaran kooperatif model STAD dengan menggunakan metode eksperimen kemampuan berinteraksi sosial keterampilan proses dan prestasi belajar yang terdiri dari tahap perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif model STAD dengan menggunakan metode eksperimen mampu meningkatkan kemampuan interaksi sosial keterampilan proses dan prestasi belajar siswa. Pada Siklus I pencapaian indikator interaksi sosial siswa mencapai 65 01% dengan kriteria cukup baik dan pada Siklus II meningkat menjadi 77 85% dengan kriteria baik. Pencapaian indikator keterampilan proses siswa dalam aspek kognitif pada Siklus I mencapai 70 74% dengan kriteria cukup baik dan pada Siklus II meningkat menjadi 85 74% dengan kriteria baik sekali. Sedangkan dalam aspek psikomotorik pada Siklus I mencapai 64 44% dengan kriteria cukup baik meningkat menjadi 85 92% dengan kriteria baik sekali. Nilai rerata fisika siswa pada Siklus I mencapai 66 67 dengan persentase ketuntasan 59 26 % dan meningkat menjadi 71 48 dengan persentase ketuntasan 70 37 % pada Siklus II.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 May 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18256 |
Actions (login required)
View Item |