Pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X SMA Islam Diponegoro Wagir / Yusuf Witdiarta - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X SMA Islam Diponegoro Wagir / Yusuf Witdiarta

Witdiarta, Yusuf (2011) Pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X SMA Islam Diponegoro Wagir / Yusuf Witdiarta. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pembelajaran Problem Based Learning Peningkatan Prestasi Belajar SMA. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan oleh peneliti di SMA Diponegoro Wagir ditemukan bahwa kelas X SMA Diponegoro Wagir hanya ada satu kelas. Guru fisika mengatakan bahwa kelas X susah untuk memahami konsep fisika. Pembelajaran fisika di kelas ini sering dilakukan dengan metode ceramah. Selain itu hasil ulangan harian siswa juga belum memenuhi standar ketuntasan minimum (SKM) yaitu 75%. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X SMA Islam Diponegoro Wagir dengan penerapan model pembelajaran PBL. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas berupa pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang terdiri dari 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Penelitian dilakukan di SMA Diponegoro Wagir dengan subyek penelitian kelas X dengan jumlah 38 siswa terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu rancangan pelaksanaan pembelajaran (RPP) LDS LKS lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan soal test. Penerapan pembelajaran PBL secara keseluruhan telah sesuai dengan harapan. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor di antaranya adalah pengulangan materi prasyarat di awal pembelajaran yang dapat membantu siswa mengingat kembali materi yang telah dipelajari sebelumnya yang dibutuhkan untuk mempelajari materi selanjutnya. Selain itu faktor lainnya adalah pembentukan kelompok. Pembentukan kelompok dapat memudahkan siswa dalam memahami materi dikarenakan siswa tidak hanya belajar dari guru saja melainkan siswa dapat belajar dari anggota kelompoknya yang lain. Pembelajaran PBL dapat meningkatkan prestasi belajar fisika siswa dengan target minimal 75%. Ketercapaian ini dapat dilihat dari peningkatan hasil tes pada siklus I dan siklus II yaitu banyaknya siswa yang tuntas belajar meningkat sebesar 7 9% hasil ini sesuai dengan pernyataan Bern dan Erickson (2001 5) yang menyatakan strategi Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar karena pembelajaran ini menjadikan siswa lebih banyak bertanya berbicara dan menjawab pertanyaan sehingga meningkatkan pemahaman terhadap suatu konsep pelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Apr 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18255

Actions (login required)

View Item View Item