Prastyo, Rudy Indra (2011) Penerapan pembelajaran think-pair-share termodifikasi (TPST) untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar mahasiswa pada matakuliah elektronika dasar 2 tahun ajaran 2009/2010 / Rudy Indra Prastyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci model pembelajaran think-pair-share termodifikasi (TPST) kreativitas hasil belajar. Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dosen Pembina matakuliah Elektronika Dasar 2 berusaha untuk menyempurnakan proses dan hasil kegiatan pembelajaran. Penyempurnaan proses dan hasil yang telah dilakukan saat ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran Think-Pair-Share Termodifikasi (TPST) pada pembelajaran Elektronika Dasar 2. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di kelas B offering D pada pada pembelajaran Elektronika Dasar 2 kreativitasnya masih rendah hal ini ditunjukkan dengan peran mahasiswa yang cenderung pasif dan hanya mendengarkan penjelasan dosen tanpa adanya tindak lanjut. Kemampuan mahasiswa pada ranah kognitif juga masih rendah yang ditunjukkan dengan nilai hasil belajar rata-rata dua kelas mahasiswa Elektronika Dasar 2 selama dua tahun terakhir kurang dari 70 dengan ketuntasan kurang dari 90%. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar adalah Think-Pair-Share Penelitian ini bertujuan meningkatkan kreativitas dan hasil belajar mahasiswa melalui model pembelajaran Think-Pair-Share Termodifikasi (TPST). Pendekatan yang dilakukan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tindakan berupa penerapan pembelajaran Think-Pair-Share Termodifikasi (TPST). Penelitian ini terdiri atas 2 siklus dan tiap siklus terdiri atas dua kali pertemuan dengan disertai perbaikan tiap siklusnya. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa kelas B yang berjumlah 32 mahasiswa. Instrumen penelitian berupa format penilaian hasil belajar mahasiswa ranah kognitif lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran lembar observasi kreativitas dan wawancara serta instrumen pembelajaran meliputi rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) lengkap dengan LKM Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan persentase. Keterlaksanaan pembelajaran Think-Pair-Share Termodifikasi (TPST) berlangsung cukup baik dengan keterlaksanaan sebesar 73.3% pada siklus I dan 88.9% pada siklus II untuk kreativitas pada kelas B untuk siklus I mendapatkan nilai rata-rata 75.9% dan pada siklus II mendapatkan nilai rata-rata 80.12% sehingga mengalami peningkatan sebesar 4.52%. Sedangkan hasil belajar sudah mencapai nilai rata-rata 8805 55 dengan ketuntasan 8805 90%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Apr 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18254 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |