Susanto, Edi (2011) Mind mapping untuk meningkatkan prestasi belajar fisika siswa kelas X-1 SMA Islam Al Ma'arif Singosari / Edi Susanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Mind mapping peta pikiran prestasi belajar. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru maupun siswa di SMA Islam Al Ma arif Singosari diketahui bahwa 60 % siswa bertempat tinggal di pondok pesantren yang memiliki jadwal kegiatan padat sehingga waktu untuk mempelajari ulang materi pelajaran sekolah sangat terbatas. Hal tersebut berdampak terhadap rendahnya prestasi belajar siswa. Rendahnya prestasi belajar fisika kelas X-1 SMA Islam Al Ma arif Singosari ini diatasi dengan menerapkan teknik mencatat mind mapping. Teknik mencatat mind mapping adalah cara baru untuk belajar dan berlatih yang cepat dengan cara membuat catatan yang tidak membosankan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses keterlaksanaan pembelajaran menggunakan mind mapping peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkan teknik mencatat mind mapping pada pembelajaran fisika di kelas X-1 SMA Islam Al Ma arif Singosari dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat penerapan penggunaan teknik mencatat mind mapping pada pembelajaran fisika di kelas X-1 SMA Islam Al Ma arif Singosari. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah kelas X-1 SMA Islam Al Ma arif Singosari yang terdiri dari 44 siswa. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah terjadi peningkatan prestasi belajar fisika. Hal ini dapat diketahui dengan adanya peningkatan nilai rata-rata kelas dari siklus I sebesar 69 6 ke siklus II sebesar 78 5. Ketuntasan belajar siswa sebesar 53 6 % pada siklus I dan sebesar 86 3% pada siklus II. Berdasarkan pengamatan langsung yang dilakukan diketahui faktor pendukung penerapan teknik mencatat mind mapping adalah pihak sekolah yang merespon positif terhadap model pembelajaran yang inovatif dan kreatif adanya apresiasi siswa yang tinggi terhadap proses pembuatan catatan menggunakan teknik mencatat mind mapping dan kerja sama yang baik antara peneliti dengan guru mata pelajaran. Faktor penghambat penerapan mind mapping adalah teknik mencatat mind mapping merupakan cara baru bagi siswa sehingga dibutuhkan latihan terus menerus.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Feb 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18251 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |