Metode pembelajaran kooperatif model group investigation (GI) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis fisika siswa kelas X-4 SMA Negeri Ngoro Jombang / Zetira Sayidatuttakhiyati - Repositori Universitas Negeri Malang

Metode pembelajaran kooperatif model group investigation (GI) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis fisika siswa kelas X-4 SMA Negeri Ngoro Jombang / Zetira Sayidatuttakhiyati

Sayidatuttakhiyati, Zetira (2011) Metode pembelajaran kooperatif model group investigation (GI) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis fisika siswa kelas X-4 SMA Negeri Ngoro Jombang / Zetira Sayidatuttakhiyati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pembelajaran kooperatif group investigation berpikir kritis Berdasarkan observasi awal pembelajaran Fisika di SMA Negeri Ngoro Jombang masih belum maksimal. Hal ini terlihat selama pembelajaran Fisika berlangsung siswa cenderung tidak aktif. Siswa hampir tidak pernah bertanya kepada guru dan hanya sesekali menjawab pertanyaan guru. Untuk mengatasi masalah tersebut guru harus mencari dan menemukan suatu cara yang dapat menumbuhkan keaktifan siswa. Guru diharapkan mampu meningkatkan kemampuan berpikir dan memecahkan masalah siswa terhadap pelajaran Fisika. Salah satu pembelajaran yang dapat membantu siswa berlatih memecahkan masalah adalah model Group Investigatin. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui apakah model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Kelas X-4 SMA Negeri Ngoro Jombang. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan 2 siklus dengan pokok bahasan Hukum Newton . Penelitian ini dilaksanakan pada semester gasal tahun ajaran 2010/2011. Berdasarkan hasil analisis dan refleksi diketahui bahwa setelah diterapkan model pembelajaran Group Investigation terjadi peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang ditunjukkan dengan meningkatnya skor kemampuan berpikir kritis siswa dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa penerapan model Group Investigtion dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X-4 SMA Negeri Ngoro Jombang tahun ajaran 2010/2011

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Feb 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18250

Actions (login required)

View Item View Item