Penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar fisika siswa kelas VII-B MTs Surya Buana Malang / Jenny Noerhadi Wildani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar fisika siswa kelas VII-B MTs Surya Buana Malang / Jenny Noerhadi Wildani

Wildani, Jenny Noerhadi (2011) Penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar fisika siswa kelas VII-B MTs Surya Buana Malang / Jenny Noerhadi Wildani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci model Problem Based Learning berpikir kritis hasil belajar. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru fisika kelas VII-B MTs Surya Buana Malang diperoleh informasi bahwa metode pembelajaran yang digunakan adalah metode cermah. Metode praktikum dan diskusi belum pernah diterapkan sehingga kemampuan berpikir kritis meliputi mengenal dan memecahkan masalah membuat hipotesis menganalisis data membuat kesimpulan dan menerapkan konsep rendah. Selain itu hasil belajar berupa aspek kognitif afektif dan psikomotorik rendah. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa adalah model Problem Based Learning (PBL). Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas VII-B MTs Surya Buana Malang melalui model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) serta bertujuan untuk memperbaiki suatu keadaan pembelajaran di dalam kelas. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus dan setiap siklus PTK terdiri atas perencanaan tindakan pelaksanaan observasi dan refleksi.Tindakan pada penelitian ini adalah model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini dilakukan di kelas VII-B MTs Surya Buana Malang semester ganjil 2010/2011. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah penerapan pembelajaran PBL data hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa yang diambil dari hasil observasi baik sebelum maupun selama penelitian dilakukan. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa pembelajaran model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa. Pada siklus I nilai hasil belajar aspek kognitif dengan nilai rata-rata 69 dengan ketuntasan belajar 45% nilai aspek psikomotor dengan rata-rata 2 14 dan aspek afektif dengan rata-rata 2 16. Kemudian pada siklus II nilai hasil belajar aspek kognitif dengan nilai rata-rata 80 dengan ketuntasan belajar 76% nilai aspek psikomotor dengan rata-rata 3 42 dan aspek afektif dengan rata-rata 3 36. Persentase kemampuan berpikir kritis pada siklus I adalah 63% dan pada siklus II menjadi 83% (naik 20%). Dari penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII-B MTs Surya Buana Malang. Disarankan bagi guru fisika hendaknya berkenan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) karena terbukti dapat meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Feb 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18248

Actions (login required)

View Item View Item