Nurdiyanto (2011) Meningkatkan prestasi belajar fisika melalui penerapan pembelajaran kontekstual (contextual teaching and learning) pada siswa kelas VIII C SMPN Satu Atap Lesan Puro 2 Malang tahun ajaran 2010/2011 / Nurdiyanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci aspek psikomotorik prestasi belajar CTL. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru fisika kelas VIII C SMPN Satu Atap Lesanpuro 2 Malang diperoleh informasi bahwa selama proses pembelajaran guru memberikan materi fisika dengan metode ceramah dan langsung memberikan tugas. Nilai Ujian Tengah Semester (UTS) fisika semester 1 banyak yang belum tuntas. Nilai rata-rata 47 dengan nilai tertinggi 60. Standar ketuntasan minimal yang ditentukan 60. Siswa jarang dilibatkan dalam praktikum atau kegiatan yang bisa melihat secara langsung peristiwa yang berhubungan dengan materi yang dipelajari. Hal ini diketahui dari metode yang digunakan oleh guru dalam proses belajar mengajar yakni hanya berceramah di depan kelas tanpa menghadirkan sesuatu yang konkret dan prestasi belajar fisika siswa rendah. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan aspek psikomotorik siswa dan prestasi belajar fisika siswa adalah model pembelajaran Kontekstual. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keunggulan pembelajaran kontekstual dalam meningkatkan kemampuan aspek psikomotorik dan prestasi belajar fisika siswa kelas VIII C melalui penerapan model pembelajaran Kontekstual. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan tindakan berupa penerapan pembelajaran kontekstual. Penelitian terdiri dari 2 siklus tiap siklus terdiri dari perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Penelitian dilakukan di SMPN Satu Atap Lesanpuro 2 Malang kelas VIII C dengan jumlah siswa 37 siswa yang terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran rubrik kemampuan aspek psikomotorik siswa dan prestasi belajar fisika siswa melalui pretes dan postes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Kontekstual dapat meningkatkan kemampuan aspek psikomotorik dan prestasi belajar fisika siswa kelas VIII C SMPN Satu Atap Lesanpuro 2 Malang. Kemampuan aspek psikomotorik siswa secara keseluruhan mengalami peningkatan pada siklus I ke siklus II sebesar 36 31%. Prestasi belajar mengalami peningkatan pada siklus I ke siklus II sebesar 14 87.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Feb 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18246 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |