Rahmatinnija (2011) Penerapan pembelajaran kontekstual dengan menggunakan media sederhana untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar fisika siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 6 Malang / Rahmatinnija. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci pembelajaran kontekstual media sederhana prestasi motivasi belajar. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru IPA fisika kelas VII SMP Muhammadiyah 6 Malang diperoleh informasi bahwa selama proses pembelajaran guru memberikan materi fisika dengan metode ceramah dan diskusi kelas. Metode praktikum dan diskusi kelompok kecil serta penggunaan media pembelajaran jarang diterapkan. Guru menyampaikan materi dengan cara ceramah memberikan catatan memberikan tugas merangkum dan latihan soal kepada siswa. Metode seperti ini membuat siswa bosan pasif dan tidak kritis dalam memecahkan masalah-masalah fisika dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini berdampak pada ren-dahnya prestasi dan motivasi siswa dalam mempelajari pelajaran IPA khususnya fisika. Salah satu model pembelajaran yang cocok diterapkan untuk meningkatkan prestasi dan motivasi siswa untuk mempelajari fisika yaitu dengan menerapkan pembelajaran kontekstual dengan menggunakan media sederhana. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran kontekstual dengan menggunakan media sederhana sehingga dapat meningkatkan prestasi dan motivasi belajar fisika siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 6 Malang. Jenis pe-nelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggu-nakan pendekatan kualitatif. Kegiatan pembelajaran terdiri dari 2 siklus setiap siklus terdiri dari kegiatan perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Pengambilan data dilakukan dengan lembar observasi keterlaksanaan pembelajar-an lembar observasi motivasi siswa angket tes dan catatan lapangan. Penelitian dilaksanakan di kelas VII SMP Muhammadiyah 6 Malang dengan jumlah siswa 12 orang terdiri dari 6 siswa perempuan dan 6 siswa laki-laki. Peningkatan motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah tindakan untuk mengalami peningkatan pada tiap aspeknya yaitu pada aspek minat mencapai 48.9% pada aspek perhatian mencapai 40% dan 60% pada aspek ketekunan sedangkan untuk keseluruhan aspek motivasi pada observasi awal 41.2% pada siklus I 74.1% sedangkan siklus II 89.4%. Hasil angket motivasi belajar siswa menunjukkan index rata-rata motivasi belajar sebesar 2.99 (motivasi cukup) dan setelah tindakan sebesar 4.17 (motivasi baik) dengan peningkatan 39.5%. Prestasi belajar siswa untuk nilai mencapai KKM sekolah dari sebelum ke sesudah tindakan mengalami peningkatan 41.67%. Sedangkan pada peningkatan prestasi dari nilai rata-rata mencapai 9.25 (13.6%). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembe-lajaran kontekstual dengan menggunakan media sederhana dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Feb 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18245 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |