Sudiana, Aria Latifah (2011) Studi komparatif antara pembelajaran inkuiri terbimbing dan direct instruction untuk memperbaiki prestasi dan minat belajar fisika siswa kelas VIII SMP Negeri satu atap Merjosari Malang / Aria Latifah Sudiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci inkuiri terbimbing direct instruction prestasi dan minat belajar. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui manakah dari pembelajaran inkuiri terbimbing dan direct instruction yang dapat memperbaiki prestasi belajar dan minat belajar fisika siswa kelas VIII SMP Negeri Satu Atap Merjosari Malang. Hal ini dilaksanakan karena selama proses belajar-mengajar di kelas VIII SMP Negeri Satu Atap Merjosari Malang tidak nampak perilaku siswa yang menunjukkan indikator minat belajar siswa seperti keaktifan dan keterpusatan siswa selama mengikuti pelajaran fisika. Prestasi belajar fisika juga masih rendah. Dengan demikian diperlukan upaya untuk memperbaiki minat dan prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri Satu Atap Merjosari Malang Tahun Ajaran 2010/2011 pada mata pelajaran fisika. Dalam rangka itu maka dilakukan penelitian dengan judul Studi Komparatif antara Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Direct Instruction untuk Memperbaiki Prestasi dan Minat Belajar Fisika Pada Siswa kelas VIII SMP Negeri Satu Atap Merjosari Malang . Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan termasuk jenis penelitian eksperimental semu. Sampel penelitian ini berupa kelas yang ditentukan secara random dan akhirnya terpilih kelas VIII-C sebagai kelas yang diajar dengan menggunakan pembelajaran inkuiri terbimbing dan kelas VIII-B yang diajar dengan menggunakan pembelajaran direct instruction. Dalam penelitian ini peneliti bekerja sama dengan guru fisika kelas VIII SMP Negeri Satu Atap Merjosari Malang untuk menerapkan pembelajaran inkuiri terbimbing pada siswa kelas VIII SMP Negeri Satu Atap Merjosari Malang. Pokok bahasan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Usaha dan Energi. Data perolehan minat belajar siswa melalui angket dengan sub variabel minat yang dievaluasi pada penelitian ini meliputi kemauan mengikuti pelajaran fisika dan kesenangan mengikuti pelajaran fisika. Data prestasi belajar fisika hanya pada aspek kognitif saja yang diperoleh dari nilai pre test dan post test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan inkuiri terbimbing dapat memperbaiki prestasi dan minat belajar fisika siswa kelas VIII SMP Negeri Satu Atap Merjosari Malang Tahun ajaran 2010/2011. Nilai rata-rata prestasi belajar untuk kelas VIII-C sebesar 68 09 sedangkan untuk kelas VIII-B nilai rata-rata prestasi belajar sebesar 60 12. Skor minat awal siswa untuk kelas VIII-C sebesar 57 152 yang kemudian meningkat menjadi 61 818 sedangkan untuk kelas VIII-B skor minat awal siswa sebesar 55 625 yang kemudian meningkat menjadi 59 687.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 31 Jan 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18244 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |