Pengembangan bahan ajar IPA terpadu berbasis salingtemas dengan tema gerak dan ciri kehidupan untuk SMP kelas VII / Melina Andriyani Riyanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar IPA terpadu berbasis salingtemas dengan tema gerak dan ciri kehidupan untuk SMP kelas VII / Melina Andriyani Riyanto

Riyanto, Melina Andriyani (2010) Pengembangan bahan ajar IPA terpadu berbasis salingtemas dengan tema gerak dan ciri kehidupan untuk SMP kelas VII / Melina Andriyani Riyanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci bahan ajar IPA terpadu Salingtemas gerak dan ciri kehidupan Berdasarkan survey terhadap buku IPA terpadu yang beredar di toko buku menunjukkan bahwa materi IPA masih disajikan secara terpisah-pisah antara materi fisika kimia dan biologi. Buku yang digunakan siswa di sekolah sudah berlabel IPA terpadu namun materi yang disajikan didalamnya masih terpisah-pisah. Hal ini belum sesuai dengan KTSP. KTSP secara implisit menyatakan bahwa IPA untuk jenjang SMP/MTs disajian dalam IPA terpadu. Bahan ajar IPA terpadu belum tersedia di lapangan maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar IPA terpadu berbasis salingtemas dan menemukan kelebihan dan kekurangan bahan ajar IPA terpadu. Produk pengembangan ini adalah bahan ajar IPA terpadu berbasis Salingtemas dengan tema gerak dan ciri kehidupan untuk SMP kelas VII. Penelitian ini menggunakan langkah-langkah penelitian dan pengembangan (research and development R D) yang dikemukakan oleh Borg dan Gall (1978) yang telah dimodifikasi. Kegiatan penelitian pengembangan ini adalah (1) studi pendahuluan yang meliputi studi pustaka dan survei lapangan dan (2) pengembangan bahan ajar meliputi pembuatan draft penilaian pakar revisi bahan ajar dan penyempurnaan bahan ajar. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket penilaian bahan ajar angket uji kelayakan isi dan angket uji kelayakan penyajian. Teknik analisis yang digunakan adalah perhitungan nilai rerata. Hasil evaluasi oleh reviewer menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan memenuhi kriteria layak dengan skor rata-rata 2.95. Berdasarkan hasil uji kelayakan isi menunjukkan bahan ajar memenuhi kreteria layak dengan skor rata-rata 2.96 dan berdasarkan hasil uji kelayakan penyajian bahan ajar memenuhi kreterian layak dengan skor rata-rata 2.87. Pada penelitian ini skala penilaian yang digunakan adalah 1 4. Kelebihan bahan ajar ini adalah dalam pembahasan materi dikaitkan dengan sains lingkungan teknologi dan masnyarakat. Selain itu pemilihan tema yang familiar membuat pembelajaran siswa lebih bermakna. Kekurangannya adalah pada pemaduan materi gerak lurus dan ciri mahkluk hidup. Walaupun terdapat keterkaitan antara kedua materi tersebut namun pemaduannya masih perlu dikaji kembali.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Nov 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18242

Actions (login required)

View Item View Item