Sholihah, Atik Karomatus (2010) Penerapan model siklus belajar pada pembelajaran fisika untuk meningkatkan keterampilan proses dan kemampuan berpikir siswa kelas XI IPA 6 SMA Negeri 1 Ponorogo / Atik Karomatus Sholihah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci siklus belajar keterampilan proses kemampuan berpikir Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan oleh guru di SMA Negeri 1 Malang ditemukan bahwa guru lebih sering melakukan metode ceramah dari pada mengajak siswa ikut terlibat langsung dalam melakukan penyelidikan. Siswa kurang terfokus pada pengambilan data saat praktikum dan belum dapat mengkaitkan hasil praktikum dengan materi Akibatnya keterampilan proses sains seperti mengamati menafsirkan pengamatan meramalkan menggunakan alat dan bahan menerapkan konsep merencanakan penelitian berkomunikasi dan mengajukan pertanyaan masih rendah. Jika diberi kesempatan siswa jarang sekali bertanya atau menyampaikan gagasan dimana bertanya dan mnegeluarkan gagasan merupakan bagian dari kemampuan berpikir. Siswa kesulitan memahami konsep serta kaitannya dengan permasalahan dalam penerapan konsep di kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir fisika siswa kelas XI IPA 6 SMA Negeri 1 Ponorogo dengan penerapan model siklus belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Tindakan yang diberikan berupa penerapan model pembelajaran siklus belajar (5 fase) yang terdiri dari lima tahap yaitu pembangkitan minat eksplorasi penjelasan penerapan konsep dan evaluasi. Penelitian ini terdiri atas dua siklus. Tiap siklus terdiri atas perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 6 SMA Negeri 1 Ponorogo dengan jumlah 42 siswa. Instrumen penelitian meliputi instrumen tindakan yaitu RPP dan LKS lembar observasi keterlaksanaan siklus belajar lembar observasi keterampilan proses sains lembar observasi kemampuan berpikir siswa Soal bentuk essay dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran siklus belajar dapat meningkatkan keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir siswa kelas XI IPA 6 SMA Negeri 1 Ponorogo. Hasil analisis menunjukkan peningkatan aspek keterampilan proses sains dari 59 05% dengan kriteria cukup pada siklus I menjadi 74 94% dengan kriteria baik. Secara keseluruhan keterampilan proses sains siswa kelas XI IPA 6 SMA Negeri 1 Ponorogo mengalami peningkatan sebesar 15 89%. Kemampuan berpikir siswa melalui tes essay menunjukkan peningkatan nilai tes rata-rata pada siklus I 79.72 menjadi 85.43. Peningkatan kemampuan berpikir melalui tes berdampak positif terhadap ketuntasan belajar. Kemampuan berpikir siswa melalui non tes dilihat dari kualitas pertanyaan mengalami peningkatan siklus I masuk kategori 3 dan siklus II masuk kategori 4. Kualitas jawaban mengalami peningkatan masuk kategori 2 pada siklus I dan masuk kategori 3 pada siklus II.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Nov 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18240 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |