Penerapan model group investigation (GI) dalam pembelajaran fisika untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII-E SMP Negeri I Singosari / Achmad Rizal - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model group investigation (GI) dalam pembelajaran fisika untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII-E SMP Negeri I Singosari / Achmad Rizal

Rizal, Achmad (2010) Penerapan model group investigation (GI) dalam pembelajaran fisika untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII-E SMP Negeri I Singosari / Achmad Rizal. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci group investigation prestasi belajar Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan oleh peneliti di SMP Negeri Singosari diketahui guru sudah menggunakan pembelajaran yang mengarah pada keaktifan siswa yaitu dengan menggunakan metode demonstrasi. Tetapi dalam menggunakan metode demonstrasi guru tidak melibatkan siswa sehingga aktivitas siswa tidak muncul selama KBM berlangsung. Selain itu keaktifan siswa secara keseluruhan masih belum terlihat dan masih didominasi beberapa siswa saja. Rata-rata prestasi belajar siswa juga masih diambang batas nilai minimum yang ditentukan sehingga guru merasa perlu untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII-E SMP Negeri I Singosari dengan menerapkan model pembelajaran GI. Model pembelajaran ini melibatkan aktivitas siswa secara penuh sesuai tahap-tahap GI sehingga aktivitas siswa akan terlihat dan siswa bekerja secara kelompok mencari bahan ajar secara mandiri sehingga siswa mampu membangun konsep secara mandiri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Siklus penelitian dilakukan selama dua kali dengan disertai perbaikan setiap siklusnya. Tahapan yang digunakan dalam penelitian adalah perencanaan pemberian tindakan kelas observasi serta refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-E SMP Negeri I Singosari dengan jumlah 36 siswa yang terdiri dari 19 siswa putri dan 17 siswa putra. Pokok bahasan yang digunakan pada penelitian ini adalah Alat Optik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan aktivitas siswa setiap tahapan pembelajaran GI diantaranya adalah meningkatnya aktivitas siswa dalam hal menentukan sub topik dan pengorganisasian kedalam kelompok merencanakan pencarian bahan ajar secara mandiri melaksanakan pencarian bahan ajar secara mandiri merencanakan presentasi melaksanakan presentasi dan mengevaluasi dengan persentase peningkatan rata-rata aktivitas siswa secara keseluruhan dari siklus I ke siklus II sebesar 9%. Selain itu terdapat peningkatan prestasi belajar dari sebelum penelitian ke siklus I sebesar 3 1% dan dari siklus I ke siklus 2 sebesar 4 3%. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa aktivitas dan prestasi belajar siswa mengalami peningkatan melalui penerapan pembelajaran kooperatif model group investigation (GI).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Nov 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18239

Actions (login required)

View Item View Item