Pembelajaran berbasis inkuiri sains dengan pola pemberdayaan berpikir melalui pertanyaan (PBMP) untuk meningkatkan life skills dan prestasi belajar IPA siswa kelas VII C SMPN 7 malang / Diana Sitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran berbasis inkuiri sains dengan pola pemberdayaan berpikir melalui pertanyaan (PBMP) untuk meningkatkan life skills dan prestasi belajar IPA siswa kelas VII C SMPN 7 malang / Diana Sitasari

Sitasari, Diana (2010) Pembelajaran berbasis inkuiri sains dengan pola pemberdayaan berpikir melalui pertanyaan (PBMP) untuk meningkatkan life skills dan prestasi belajar IPA siswa kelas VII C SMPN 7 malang / Diana Sitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci persepsi sikap harapan ujian nasional Persepsi adalah suatu proses dimana seorang individu memberi arti terhadap suatu fenomena yang terjadi berdasarkan pengalaman pengetahuan dan kesan yang ditangkap oleh indera sehingga hal itu memberikan makna bagi lingkungan mereka. Terkait dengan adanya persepsi hal itu dapat menumbuhkan sikap. Sikap adalah kesiapan bereaksi karena adanya stimulus atau rangsangan yang menghendaki adanya respon dari individu tersebut. Dengan adanya persepsi dan sikap maka muncul harapan keinginan agar sesuatu terjadi. Fenomena yang memunculkan persepsi sikap dan harapan dalam konteks ini adalah ujian nasional di tanah air. Ujian adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik sebagai pengakuan prestasi belajar dan/atau penyelesaian dari suatu satuan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) persepsi siswa terhadap pelaksanaan Ujian Nasional (UN) di SMK Negeri se-Kota Malang tahun 2009/2010 (2) sikap siswa terhadap pelaksanaan UN di SMK Negeri se-Kota Malang tahun 2009/2010 (3) harapan siswa terhadap pelaksanaan UN di SMK Negeri se-Kota Malang tahun 2009/2010 (4) perbedaan antara persepsi sikap dan harapan siswa terhadap pelaksanaan UN di SMK Negeri se-Kota Malang tahun 2009/2010. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan rancangan penelitian kausal komperatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri Se-Kota Malang dengan sampel sebanyak 300 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Random Sampling. Analisis data penelitian menggunakan analisis deskriptif dan teknik analisis Kai Kuadrat (Chi Square). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) persepsi siswa terhadap pelaksanaan UN di SMK Negeri se-Kota Malang tahun 2009/2010 (17 7%) sangat setuju (67 7%) setuju dan (14 6%) tidak setuju (2) sikap siswa terhadap pelaksanaan UN di SMK Negeri se-Kota Malang tahun 2009/2010 (11 3%) sangat setuju (76 7%) setuju dan (12%) tidak setuju (3) harapan siswa terhadap pelaksanaan Ujian Nasional di SMK Negeri se-Kota Malang tahun 2009/2010 sebagian besar (71 7%) baik (sesuai harapan) (0%) sangat baik dan (28 3%) tidak baik (tidak sesuai harapan) (4) terdapat perbedaan yang signifikan antara persepsi sikap dan harapan siswa terhadap pelaksanaan UN di SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) negeri se-Kota Malang tahun 2009/2010. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka peneliti memberikan saran kepada (1) guru SMK Negeri Se-Kota Malang hendaknya mempertahankan ii persepsi positif siswa sehingga siswa dapat memperoleh prestasi yang tinggi terhadap pelaksanaan ujian nasional sedangkan guru hendaknya mempertahankan sikap positif siswa terhadap pelaksanaan UN dan guru hendaknya mempertahankan harapan positif siswa terhadap UN (2) siswa SMK Negeri Se-Kota Malang siswa hendaknya mempertahankan persepsi sikap dan harapan positif sehingga dapat meraih prestasi tinggi terhadap pelaksanaan ujian nasional (3) dosen jurusan Administrasi pendidikan penelitian ini di harapkan menjadikan tambahan kajian pustakan dan wawasan tentang persepsi sikap dan harapan terhadap ujian nasional (4) peneliti lain hendaknya meneliti variabel-variabel lain dan memperluas lokasi penelitian serta memperbanyak subjek yang diteliti sehingga penelitian ini dapat lebih berkembang bermanfaat dan berkualitas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18238

Actions (login required)

View Item View Item