Pengembangan instrumen penilaian IPA terpadu tema pemuaian pada berbagai wujud zat untuk mengukur hasil belajar siswa kelas VII SMP / Dian Kartika Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan instrumen penilaian IPA terpadu tema pemuaian pada berbagai wujud zat untuk mengukur hasil belajar siswa kelas VII SMP / Dian Kartika Sari

Sari, Dian Kartika (2010) Pengembangan instrumen penilaian IPA terpadu tema pemuaian pada berbagai wujud zat untuk mengukur hasil belajar siswa kelas VII SMP / Dian Kartika Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci instrumen penilaian IPA terpadu hasil belajar Diterapkannya KTSP di SMP menuntut digabungkannya mata pelajaran fisika biologi dan kimia menjadi IPA terpadu. Salah satu tema yang digunakan dalam pelajaran IPA adalah Pemuaian pada Berbagai Wujud Zat. Namun instrumen penilaian untuk mengukur hasil belajar siswa pada tema tersebut masih belum ada. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan instrumen penilaian untuk mengukur ranah kognitif dan instrumen penilaian proyek yang sesuai dengan karakteristik IPA terpadu untuk mengukur hasil belajar. Penelitian ini berdasarkan langkah-langkah penelitian dan pengembangan (research and development R D) yang telah dimodifikasi. Kegiatan pada langkah-langkah penelitian pengembangan ini adalah (1) studi pendahuluan yang meliputi studi pustaka survey lapangan dan penyusunan draf instrumen penilaian dan (2) pengembangan meliputi penilaian pakar revisi draf instrumen penilaian ujicoba dan produk hasil pengembangan. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini berupa angket. Teknik analisis data menggunakan teknik persentase uji validitas daya beda taraf kesukaran dan reliabilitas. Produk pengembangan ini adalah instrumen penilaian IPA terpadu berbentuk soal pilihan ganda untuk mengukur ranah kognitif dalam bentuk pilihan ganda dengan empat pilihan jawaban dan instrumen penilaian berbentuk panduan proyek yang mengukur hasil belajar. Panduan proyek yang dikembangkan terdiri dari halaman judul dasar teori proyek indikator proyek kemampuan yang harus dimiliki batasan pelaksanaan proyek sistematika penulisan laporan proyek penilaian format penilaian dan rubrik penilaian proyek. Hasil penilaian pakar menunjukkan bahwa instrumen penilaian berbentuk soal pilihan ganda memenuhi kriteria cukup baik dengan persentase rata-rata 78 58% dan instrumen penilaian berbentuk panduan proyek memenuhi kategori baik dengan persentase rata-rata 90 39%. Berdasarkan hasil analisis butir soal yang meliputi validitas taraf kesukaran dan daya beda diketahui bahwa dari 93 butir soal 20 butir soal (21 51%) diterima tanpa revisi 13 butir soal (13 98%) diterima dengan revisi dan 60 butir soal (64 51%) ditolak. Kelebihan dari instrumen penilaian ini adalah dapat mengukur hasil belajar dan dapat dijadikan pelengkap dalam penilaian siswa. Kelemahannya adalah instrumen penilaian berbentuk soal pilihan ganda diujicobakan terbatas pada satu sekolah dan instrumen penilaian berbentuk panduan proyek sampai penilaian pakar. i

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18236

Actions (login required)

View Item View Item