Penerapan pembelajaran kooperatif model student teams achiement division (Stad) untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas VIII-D SMP Negeri I Malang / Arif Raharjo - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model student teams achiement division (Stad) untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas VIII-D SMP Negeri I Malang / Arif Raharjo

Raharjo, Arif (2010) Penerapan pembelajaran kooperatif model student teams achiement division (Stad) untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas VIII-D SMP Negeri I Malang / Arif Raharjo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata-kata kunci Motivasi Prestasi Belajar Kooperatif Model STAD Hasil observasi dan wawancara dengan guru fisika kelas VIII-D SMP Negeri I Malang menunjukkan bahwa pembelajaran fisika masih sering menggunakan metode ceramah dan jarang sekali guru melakukan diskusi kelompok. Disisi lain motivasi dan prestasi belajar siswa rendah hal ini terlihat pada saat guru menjelaskan materi pelajaran sebagian besar siswa tidak memperhatikan penjelesan guru siswa terlihat kurang aktif dalam hal bertanya maupun menjawab materi pelajaran siswa kurang memiliki literatur yang dibawa dia dalam kelas untuk menunjang pemahaman siswa tentang materi fisika yang diajarkan dan nilai rata-rata ulangan harian siswa masih dibawah SKM yang ditentukan oleh SMP Negeri I Malang. Proses pembelajaran dikelas dapat dikatakan tuntas belajar bila 85% siswanya tuntas belajar. Motivasi belajar merupakan salah satu aspek yang berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Bertolak dari fenomena yang ditemukan di lapangan peneliti kemudian merumuskan beberapa permasalahan yaitu (1) Apakah pembelajaran kooperatif model STAD dapat meningkatkan motivasi belajar fisika siswa kelas VIII-D SMP Negeri I Malang (2) Apakah pembelajaran kooperatif model STAD dapat meningkatkan prestasi belajar fisika siswa kelas VIII-D SMP Negeri I Malang Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini penelitian tindakan kelas dengan pendekatan deskriptif kualitatif data yang dikumpulkan berupa kata-kata atau angka yang dijabarkan dalam kalimat. Penelitian difokuskan pada motivasi dan prestasi belajar yang dilakukan dengan 2 siklus tindakan. Prestasi belajar siswa diukur dengan menggunakan tes yang berbentuk uraian tes ini dilaksanakan setiap akhir siklus. Sedangkan motivasi belajar diukur dengan menggunakan instrumen berupa lembar observasi motivasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran fisika dengan model STAD secara keseluruhan dapat meningkatkan motivasi belajar fisika kelas VIII-D SMP Negeri I Malang. Hal ini didukung oleh hasil analisis lembar observsi motivasi belajar yang mengalami peningkatan dari sebelum diberi tindakan dan setelah diberi tindakan. Hal tersebut ditunjukkan dengan siswa sudah mulai teradaptasi dan mengikuti pola pembelajaran yang diterapkan oleh peneliti di lapangan keberanian siswa untuk bertanya juga meningkat. Rerata persentase keberhasilan tindakan mengalami peningkatan pada motivasi belajar siswa sebanyak 19 7%. Sedangkan untuk prestasi belajar juga mengalami peningkatan prestasi belajar siswa dari 70% tuntas belajar kelas pada siklus kedua menjadi 97 5% tuntas belajar kelas dan persentase ini sudah melebihi dari standar tuntas belajar yaitu 85%

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18235

Actions (login required)

View Item View Item