Pengaruh penggunaan paket IPA terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema pestisida terhadap kompetensi IPA siswa kelas VII semester genap SMP Negeri 10 Malang tahun pelajaran 2009/2010 / Helmid Hiteria - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan paket IPA terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema pestisida terhadap kompetensi IPA siswa kelas VII semester genap SMP Negeri 10 Malang tahun pelajaran 2009/2010 / Helmid Hiteria

Hiteria, Helmid (2010) Pengaruh penggunaan paket IPA terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema pestisida terhadap kompetensi IPA siswa kelas VII semester genap SMP Negeri 10 Malang tahun pelajaran 2009/2010 / Helmid Hiteria. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Paket IPA Terpadu pestisida kompetensi IPA IPA diperlukan dalam kehidupan sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan manusia melalui pemecahan masalah-masalah yang dihadapi. Dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 22 tahun 2006 secara tegas dinyatakan bahwa substansi mata pelajaran IPA pada SMP/ MTs merupakan IPA Terpadu. Namun hasil wawancara dengan guru IPA SMP Negeri 10 Malang menunjukkan bahwa guru merasa kesulitan dalam menerapkan kurikulum baru yang ditetapkan oleh pemerintah karena IPA harus disajikan secara terpadu yang meliputi Fisika Kimia dan Biologi. Untuk mengatasi kesulitan ini telah dibuat paket IPA Terpadu berbasis konstruktivisme dengan beberapa tema salah satunya bertema Pestisida . Namun paket IPA Terpadu dengan tema Pestisida ini belum diterapkan dalam pembelajaran sehingga belum diketahui apakah paket IPA Terpadu dengan tema Pestisida dapat meningkatkan kompetensi IPA siswa atau tidak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan paket IPA Terpadu dengan tema pestisida terhadap kompetensi IPA yang meliputi prestasi belajar kerja ilmiah dan sikap ilmiah untuk siswa SMP Negeri 10 Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen semu (Quasi Eksperimental Design) dengan sampel penelitian yang digunakan adalah siswa kelas VII SMP Negeri 10 Malang. Jenis eksperimen semu yang digunakan adalah the pretest-postest nonequivalent control group design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Banyaknya sampel penelitian 72 siswa yang terdiri dari dua kelas yaitu 36 siswa kelas eksperimen dan 36 siswa kelas kontrol. Instrumen perlakuan meliputi paket IPA Terpadu yang meliputi paket untuk siswa dan panduan guru. Dalam penelitian ini instrumen pengukuran berupa tes tertulis untuk mengukur kompetensi IPA siswa yang meliputi prestasi belajar dan kerja ilmiah sedangkan untuk sikap ilmiah digunakan skala sikap. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji anakova dan uji lanjut LSD (Least Square Difference). Berdasarkan hasil uji analisis data menggunakan anakova diperoleh hasil bahwa terdapat perbedaan yang signifikan prestasi belajar dan kerja ilmiah pada tema pestisida antara siswa yang mendapat pembelajaran menggunakan paket IPA Terpadu dan siswa yang mendapat pembelajaran secara konvensional. Hasil uji lanjut LSD menyatakan bahwa nilai rata-rata prestasi belajar dan kerja ilmiah kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Sedangkan untuk sikap ilmiah berdasarkan hasil uji analisis data menggunakan anakova tidak ada perbedaan sehingga tidak dilakukan uji lanjut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18234

Actions (login required)

View Item View Item