Pembelajaran fisika dengan menggunakan peta konsep disertai eksperimen untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas VIII-4 semester II di SMP Negeri 2 Kalianget Kabupaten Sumenep / Nurhidayati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran fisika dengan menggunakan peta konsep disertai eksperimen untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas VIII-4 semester II di SMP Negeri 2 Kalianget Kabupaten Sumenep / Nurhidayati

Nurhidayati (2010) Pembelajaran fisika dengan menggunakan peta konsep disertai eksperimen untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas VIII-4 semester II di SMP Negeri 2 Kalianget Kabupaten Sumenep / Nurhidayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci peta konsep eksperimen pemahaman konsep Upaya untuk meningkatkan pemahaman konsep bagi siswa merupakan hal penting yang perlu diupayakan perbaikannya. Pentingnya perbaikan tersebut karena konsep-konsep Fisika merupakan konsep berjenjang berkembang dari konsep sederhana ke konsep yang lebih kompleks. Perbaikan bisa dimulai dari perbaikan strategi pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam memahami suatu konsep. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru Fisika dan hasil observasi di kelas VIII-4 SMP Negeri 2 Kalianget siswa kurang aktif dan kurang memahami konsep-konsep Fisika. Adapun strategi pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah strategi pembelajaran dengan menggunakan peta konsep disertai eksperimen. Adapun tujuan pada penelitian ini diantaranya (1) mengetahui proses pembelajaran Fisika dengan menggunakan peta konsep disertai eksperimen dapat meningkatkan pemahaman konsep Fisika siswa kelas VIII-4 semester II SMP Negeri 2 Kalianget Kabupaten Sumenep dan (2) mengetahui proses pembelajaran Fisika dengan menggunakan peta konsep disertai eksperimen dapat meningkatkan pemahaman konsep Fisika siswa kelas VIII-4 semester II SMP Negeri 2 Kalianget Kabupaten Sumenep sekurang-kurangnya 85% dari jumlah siswa yang ada di dalam kelas dengan SKM 60. Berdasarkan kondisi di atas maka dilakukan penelitian tindakan kelas dalam rangka untuk meningkatkan pemahaman konsep Fisika siswa. Oleh karena itu dalam penelitian tindakan kelas ini tindakan yang diberikan adalah memberi tindakan proses pembelajaran Fisika dengan menggunakan peta konsep disertai eksperimen. Penelitian ini menggunakan dua siklus. Pada masing-masing siklus dilakukan tahap perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII-4 SMP Negeri 2 Kalianget Kabupaten Sumenep berjumlah 28 siswa. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa dengan memberi tindakan meliputi proses pembelajaran dengan menggunakan peta konsep disertai eksperimen dan memberikan tes untuk mengetahui peningkatkan pemahaman konsep Fisika siswa kelas VIII-4 SMP Negeri 2 Kalianget Kabupaten Sumenep. Peningkatan pemahaman konsep Fisika dibuktikan dengan hasil siklus I ketuntasan belajarnya adalah 60 7 % dan mengalami peningkatan pada siklus II yang ketuntasan belajarnya adalah 85 71%. Atas dasar hasil penelitian maka disarankan (1) bagi guru-guru IPA khususnya Fisika hendaknya dalam pembelajaran menggunakan peta konsep disertai eksperimen dan (2) guru yang melakukan proses pembelajaran dengan menggunakan peta konsep disertai eksperimen harus bisa mengelolah kelas dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18233

Actions (login required)

View Item View Item