Upaya meningkatkan kualitas produk media fisika melalui model pembelajaran berbasis proyek bagi mahasiswa Jurusan Fisika FMIPA UM / M. Dewi Manikta Puspitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya meningkatkan kualitas produk media fisika melalui model pembelajaran berbasis proyek bagi mahasiswa Jurusan Fisika FMIPA UM / M. Dewi Manikta Puspitasari

Puspitasari, M. Dewi Manikta (2010) Upaya meningkatkan kualitas produk media fisika melalui model pembelajaran berbasis proyek bagi mahasiswa Jurusan Fisika FMIPA UM / M. Dewi Manikta Puspitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci kualitas produk media fisika pembelajaran berbasis proyek Berdasarkan hasil diskusi dengan dosen pembina matakuliah Perkembangan Media Pembelajaran Fisika diperoleh informasi bahwa cara pembelajaran yang selama ini dilakukan dosen pembina matakuliah belum tepat dan masih individual. Cara belajar dan mengajar selama ini cenderung tidak memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk saling belajar antarmahasiswa. Cara belajar individual cenderung bersifat kompetitif yang akhirnya hanya mahasiswa yang pandai saja yang mencapai tujuan sedangkan mahasiswa yang kurang pandai tetap tertinggal. Sehingga terdapat kesenjangan nilai yang dicapai dan menunjukkan masih rendahnya kualitas produk media yang dihasilkan mahasiswa. Model pembelajaran yang menekankan adanya pembelajaran kelompok secara kolaboratif adalah model pembelajaran berbasis proyek. Model pembelajaran berbasis proyek memungkinkan meningkatkan kualitas produk media fisika mahasiswa. Adapun tujuan pada penelitian ini diantaranya (1) mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan kualitas produk media fisika yang dihasilkan mahasiswa Jurusan Fisika FMIPA UM pada perkuliahan Pengembangan Media Pembelajaran Fisika dan (2) untuk mengetahui kualitas produk media fisika yang dihasilkan mahasiswa Jurusan Fisika FMIPA UM pada perkuliahan Pengembangan Media Pembelajaran Fisika melalui model pembelajaran berbasis proyek. Berdasarkan kondisi di atas maka dilakukan penelitian tindakan kelas dalam rangka untuk meningkatkan kualitas produk media fisika mahasiswa. Oleh karena itu dalam penelitian tindakan kelas ini tindakan yang diberikan adalah memberi tindakan proses pembelajaran berbasis proyek. Penelitian ini menggunakan dua siklus. Pada masing-masing siklus dilakukan tahap menetapkan tema proyek menetapkan konteks belajar merencanakan aktivitas memproses aktivitas dan penerapan aktivitas. Subyek penelitian adalah mahasiswa offering D kelas B Jurusan Fisika FMIPA UM berjumlah 30 mahasiswa. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa dengan persentase keterlaksanaan pembelajaran berbasis proyek pada siklus I sebesar 82 35% menjadi 94 12% pada siklus II dapat meningkatkan kualitas produk media fisika mahasiswa offering D kelas B Jurusan Fisika FMIPA UM. Peningkatan kualitas produk fisika dibuktikan dengan hasil siklus I nilai rata-rata produk media fisika adalah 80 97 dan mengalami peningkatan pada siklus II yang nilai rata-rata produk media fisika adalah 91 18. Atas dasar hasil penelitian maka disarankan (1) pelaksanaan pembelajaran berbasis proyek akan mencapai tujuan pembelajarannya apabila tahap-tahap pembelajarannya terlaksana dengan baik (2) dosen dapat menerapkan ii pembelajaran berbasis proyek untuk memberikan kesempatan kepada masingmasing individu belajar berkreasi dan membuat produk media (3) dosen atau peneliti lain dapat menerapkan pembelajaran berbasis proyek sebagai salah satu metode pembelajaran untuk meningkatkan kualitas produk media fisika mahasiswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18232

Actions (login required)

View Item View Item