Peningkatan motivasi dan prestasi belajar fisika pokok bahasan kalor melalui penerapan pembelajaran model peoblem based learning (PBL) di kelas VII-G SMP Negeri 10 Malang tahun ajaran 2009/2010 / Ratna Anggraini - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan motivasi dan prestasi belajar fisika pokok bahasan kalor melalui penerapan pembelajaran model peoblem based learning (PBL) di kelas VII-G SMP Negeri 10 Malang tahun ajaran 2009/2010 / Ratna Anggraini

Anggraini, Ratna (2010) Peningkatan motivasi dan prestasi belajar fisika pokok bahasan kalor melalui penerapan pembelajaran model peoblem based learning (PBL) di kelas VII-G SMP Negeri 10 Malang tahun ajaran 2009/2010 / Ratna Anggraini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci model PBL motivasi prestasi Hasil observasi awal yang dilakukan di kelas VII-G SMP Negeri 10 Malang menunjukkan pembelajaran fisika pada umumnya masih berpusat pada guru dan menggunakan metode ceramah. Motivasi belajar siswa dilihat dari aspek perhatian lama belajar usaha irama perasaan ekstensi dan penampilan selama pembelajaran masih rendah. Demikian pula prestasi belajar fisika siswa juga masih rendah. Prestasi belajar siswa yang rendah ditunjukkan dari hasil ulangan siswa pada bab wujud zat dari hasil ulangan tersebut hanya 8 siswa yang tuntas dari 41 siswa dengan nilai rata-rata kelas 58 22. Keadaan ini akan dicoba diperbaiki dengan penerapan pembelajaran Model Problem Based Learning (PBL). Model pembelajaran ini diprediksi dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar fisika siswa dengan menempatkan siswa sebagai pusat pembelajaran. Ada beberapa tahap pokok dalam pembelajaran Model PBL yaitu Orientasi pada Masalah Mengorganisasi Siswa untuk Belajar Membimbing Penyelidikan Individual dan Kelompok Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah. Penelitian di kelas VII-G SMP Negeri 10 Malang pada bulan Maret-April tahun pelajaran 2009/2010 pada materi pokok Kalor. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pada penelitian ini peneliti terlibat langsung dalam seluruh proses penelitian mulai dari perencanaan pelaksanaan pembelajaran pengumpulan data hingga pelaporan data. Kegiatan pembelajaran terdiri dari 2 siklus setiap siklus terdiri dari kegiatan perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Pengambilan data dilaksanakan dengan observasi dan tes tulis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran Model PBL di kelas VII-G telah terlaksana 66 82% pada Siklus I dan 88 89% pada Siklus II. Motivasi belajar siswa level individu selama Siklus I dan Siklus II mengalami peningkatan pada semua aspek yaitu perhatian adalah 36 58% pada lama belajar sebesar 35 77% usaha sebesar 36 58% irama perasaan sebesar 22 87% ekstensi 25 60% dan penampilan sebesar 30 49%. Pada level kelas motivasi belajar siswa juga mengalami peningkatan yang ditunjukkan dengan bertambahnya jumlah siswa yang berperilaku positif yang menggambarkan motivasi selama pembelajaran berlangsung seperti yang dihipotesiskan Lampiran II. Sedangkan prestasi belajar siswa level individu mengalami peningkatan sebesar 46 34% dan pada Siklus II sebesar 19 52%. Prestasi belajar siswa level kelas juga mengalami peningkatan yang ditunjukkan dengan bertambahnya jumlah siswa yang berperilaku positif yang menggambarkan prestasi selama pembelajaran berlangsung seperti yang dihipotesiskan Lampiran II.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18230

Actions (login required)

View Item View Item