Upaya meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar fisika melalui model pembelajaran kooperatif tipe think pair and share (TPS) berbasis praktikum siswa kelas VIII-A SMP Negeri 1 Kotaanyar Kabupaten Probolinggo / Yossi Krisdiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar fisika melalui model pembelajaran kooperatif tipe think pair and share (TPS) berbasis praktikum siswa kelas VIII-A SMP Negeri 1 Kotaanyar Kabupaten Probolinggo / Yossi Krisdiana

Krisdiana, Yossi (2010) Upaya meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar fisika melalui model pembelajaran kooperatif tipe think pair and share (TPS) berbasis praktikum siswa kelas VIII-A SMP Negeri 1 Kotaanyar Kabupaten Probolinggo / Yossi Krisdiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Keaktifan prestasi belajar model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Share Praktikum. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan pada siswa kelas VIII-A SMP Negeri 1 Kotaanyar yang sebagian besar (55%) menyatakan bahwa fisika itu sulit dan membosankan. Keadaan ini didukung masih rendahnya prestasi belajar siswa yang ditunjukkan dari hasil tes ulangan harian dengan nilai rata-rata sebesar 51 2. Selain itu ada kecenderungan siswa kelas VIII-A saat mengikuti pelajaran fisika yaitu (1) aktivitas yang dilakukan siswa kurang aktif (2) kurang merespon (3) kurang bersemangat (4) bila diberi pertanyaan asal menjawab saja dan (5) bila diberi tugas tidak dikerjakan serta kurang percaya diri. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dan meningkatkan Prestasi belajar fisika siswa kelas VIII- A SMP Negeri 1 Kotaanyar Probolinggo melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Share (TPS) Berbasis Praktikum. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 1 Kotaanyar Probolinggo dengan subyek penelitian kelas VIII-A dengan jumlah 40 siswa terdiri dari 18 siswa perempuan dan 22 siswa laki-laki. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) LKS lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran lembar keaktifan siswa dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Share (TPS) Berbasis Praktikum dapat meningkatkan meliputi (1) Keaktifan guru dari siklus I sebesar 84 1% dan siklus II sebesar 92 8% pada siklus I guru masih sulit mengendalikan kelas dan kurangnya memenejemen waktu pada siklus II guru sudah bisa mengendalikan kelas. (2) Keaktifan siswa meningkat dari 68 59% menjadi 82 5%. (3) nilai ratarata prestasi belajar siswa pada siklus I sebesar 63 25 dengan jumlah siswa yang tuntas belajar sebanyak 55% dari 40 siswa dan pada siklus II sebesar 76 75 dengan jumlah siswa yang tuntas belajar sebanyak 85% dari 40 siswa. Peningkatan nilai rata-rata prestasi siswa pada siklus I dan II sebesar 14 25%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Share (TPS) Berbasis Praktikum dapat meningkatkan Keaktifan dan prestasi belajar fisika siswa kelas VIII-A SMP Negeri 1 Kotaanyar Probolinggo.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18229

Actions (login required)

View Item View Item