Maimanata, Nichla (2010) Pengaruh penerapan paket IPA terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema pestisida terhadap kompetensi IPA siswa kelas VII B SMPN 3 Lawang tahun ajaran 2009/2010 / Nichla Maimanata. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci IPA terpadu konstruktivisme kompetensi IPA Paket IPA terpadu merupakan bahan ajar yang menjadi panduan dalam pembelajaran IPA terpadu. Hasil penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa Paket IPA terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema pestisida telah tervalidasi dan penelitian kali ini akan membuktikannya secara empiris. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kompetensi IPA antara siswa yang diberi perlakuan penerapan paket IPA terpadu berbasis konstruktivisme tema pestisida dengan siswa yang diajar IPA secara konvensional Metode penelitian ini adalah Quasy Experiment (Eksperimen Semu) dengan rancangan Control Group Pretets-Postest Design. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 3 LAWANG pada tahun ajaran 2009/2010 antara bulan Maret sampai April 2010 dengan sampel siswa kelas VII SMP Negeri 3 LAWANG sebanyak 2 kelas. Kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII G sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen pengukuran kompetensi IPA. Instrumen pengukuran kompetensi IPA terdiri dari prestasi belajar kerja ilmiah dan sikap ilmiah yang telah diuji reliabilitasnya. Tes prestasi belajar memiliki reliabilitas sebesar 0 647 tes kerja ilmiah memiliki reliabilitas sebesar 0 715 dan skala sikap ilmiah memiliki reliabilitas sebesar 0 802. Sebelum menerapkan paket IPA terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema pestisida terhadap kelas eksperimen terlebih dahulu dilakukan pre test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data pre test sebagai covariable dalam penelitian ini. Setelah Paket IPA Terpadu Berbasis Konstruktivisme dengan tema pestisida diterapkan di kelas eksperimen dan kelas kontrol menerima pembelajaran IPA secara konvensional selanjutnya dilakukan post test yang merupakan variabel terikat dalam penelitian ini. Hasil penelitian menggunakan uji Anacova menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kompetensi IPA antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rata-rata prestasi belajar kerja ilmiah dan sikap ilmiah kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Oleh karena itu dengan penerapkan paket pembelajaran IPA terpadu berbasis konstruktivisme tema pestisida akan menghasilkan kompetensi IPA yang lebih baik bagi siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Oct 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18228 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |