Pengaruh penggunaan paket terpadu berbasis konstruktivitas dengan tema deterjen terhadap kompetensi IPA siswa kelas VII semester II SMP Negeri 1 Pakis Kabupaten Malang tahun ajaran 2009/2010 / Bayu Sasono Agung Nugroho - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan paket terpadu berbasis konstruktivitas dengan tema deterjen terhadap kompetensi IPA siswa kelas VII semester II SMP Negeri 1 Pakis Kabupaten Malang tahun ajaran 2009/2010 / Bayu Sasono Agung Nugroho

Nugroho, Bayu Sasono Agung (2010) Pengaruh penggunaan paket terpadu berbasis konstruktivitas dengan tema deterjen terhadap kompetensi IPA siswa kelas VII semester II SMP Negeri 1 Pakis Kabupaten Malang tahun ajaran 2009/2010 / Bayu Sasono Agung Nugroho. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pengaruh Paket IPA Terpadu Kompetensi IPA. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah secara tegas menyatakan bahwa substansi mata pelajaran IPA pada SMP/ MTs merupakan IPA Terpadu. Berdasarkan hasil survei yang diselenggarakan oleh proyek Managing Basic Education (MBE) 2006 menunjukkan bahwa sebagian besar guru mengalami kesulitan untuk merancang pembelajaran IPA Terpadu berdasarkan Standar Isi untuk kurikulum IPA. Selain itu hasil pengamatan di beberapa toko buku di wilayah Malang menunjukkan bahwa belum ditemukan buku IPA SMP yang dirancang secara Terpadu. Pada tahun 2009 telah dikembangkan paket IPA Terpadu berbasis konstruktivisme dengan berbagai tema salah satunya adalah tema deterjen oleh Koes dkk. yang telah diuji kelayakannya meliputi penilaian Paket IPA Terpadu oleh dosen dan guru serta uji keterbacaan buku panduan siswa oleh siswa SMP tetapi belum diuji secara empirik untuk mengetahui keefektifannya di sekolah. Oleh karena itu perlu dilakukan pembelajaran IPA Terpadu menggunakan paket IPA Terpadu berbasis konstruktivisme yang diharapkan dapat meningkatkan kompetensi IPA siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kompetensi IPA (prestasi belajar kerja ilmiah dan sikap ilmiah) pada tema deterjen antara siswa yang mendapat pembelajaran menggunakan paket IPA terpadu berbasis kontruktivisme dan siswa yang mendapatkan pembelajaran menggunakan paket IPA yang tidak Terpadu. Rancangan penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah rancangan eksperimen semu (Quasi Eksperimental Design). Jenis eksperimen semu yang digunakan adalah control group pre test and post test design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah random sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji anakova dan uji lanjut LSD (Least Square Difference). Berdasarkan hasil uji analisis data menggunakan anakova diperoleh hasil bahwa terdapat perbedaan yang signifikan prestasi belajar dan kerja ilmiah antara siswa yang mendapat pembelajaran menggunakan paket IPA Terpadu dan siswa yang mendapat pembelajaran dengan paket IPA yang tidak Terpadu sedangkan untuk sikap ilmiah antara siswa yang menggunakan Paket IPA Terpadu dan siswa yang menggunakan paket IPA yang tidak Terpadu tidak ada perbedaan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18226

Actions (login required)

View Item View Item