Pengembangan instrumen penilaian IPA terpadu untuk mengukur hasil belajar siswa SMP kelas VII pada tema penentuan kadar suatu zat / Sudiro Asofi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan instrumen penilaian IPA terpadu untuk mengukur hasil belajar siswa SMP kelas VII pada tema penentuan kadar suatu zat / Sudiro Asofi

Asofi, Sudiro (2010) Pengembangan instrumen penilaian IPA terpadu untuk mengukur hasil belajar siswa SMP kelas VII pada tema penentuan kadar suatu zat / Sudiro Asofi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Asofi Amak.2010.Pengembangan Instrumen Penilaian IPA Terpadu Untuk Mengukur Hasil Belajar Siswa SMP Kelas VII pada Tema Penentuan Kadar Suatu Zat.Skripsi Prodi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Lia Yuliati M.Pd (2) Drs. Agus Suyudi M.Pd Kata kunci Instrumen Penilaian IPA Terpadu Hasil Belajar Berdasarkan wawancara dengan guru IPA di SMP Negeri 2 Tempeh ditemukan bahwa pembelajaran IPA terpadu sudah mulai diterapkan. Salah satu tema yang digunakan guru untuk pembelajaran IPA Terpadu di kelas VII adalah penentuan kadar suatu zat. Namun belum ada instrumen penilaian untuk mengukur hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan instrumen penilaian sesuai dengan karakteristik IPA Terpadu untuk mengukur hasil belajar siswa SMP kelas VII pada tema penentuan kadar suatu zat dan menemukan kelebihan dan kekurangan instrumen penilaian IPA terpadu yang dikembangkan. Penelitian ini berdasarkan langkah-langkah penelitian dan pengembangan (reseach and development R D) yang dikemukakan oleh Borg and Gall yang telah dimodifikasi. Kegiatan pada langkah-langkah penelitian pengembangan ini adalah (1) Studi pendahuluan yang meliputi studi pustaka survey lapangan dan penyusunan draf instrumen penilaian dan (2) Pengembangan meliputi expert judgment revisi draf instrumen penilaian ujicoba terbatas analisis butir soal dan produk hasil pengembangan. Produk pengembangan ini adalah instrumen penilaian IPA Terpadu untuk mengukur hasil belajar siswa pada ranah kognitif afektif dan psikomotor dalam bentuk pilihan ganda dan panduan proyek. Hasil evaluasi oleh evaluator menunjukan bahwa instrumen penilaian yang dikembangkan memenuhi kriteria baik dengan prosentase rata-rata 89 63 %. Hasil analisis reliabilitas diketahui bahwa instrumen memenuhi kriteria baik dengan nilai 0 853. Instrumen panduan proyek memenuhi kriteria layak dengan nilai prosentase rata-rata 90 62 %. Kelebihan dariinstrumen penilaian IPA Terpadu tersebut antara lain (1) untuk instrmen penilaian berupa pilihan ganda dapat menanyakan banyak materi dalam satu waktu ujian dapat digunakan untuk mengukur semua jenjang proses berpikir tetapi lebih tepat digunakan untuk mengukur proses berpikir ingatan pamahaman dan penerapan dan hasil tes dapat diolah dengan tepat dan obyektif (2)instrumen penilaian berupa panduan proyek dapat mengungkap tingkat pemahaman pengetahuan kemampuan siswa dalam mengaplikasikan pengetahuan dan kemampuan siswa dalam berkomunikasi bekerja sama dan menuangkan ide naratif. Kelemahaninstrumen penilaian IPA Terpadu ini antara lain (1) padainstrumen penilaian IPA Terpadu berbentuk panduan proyek validasi dilakukan sebatas validasi isi (2)instrumen penilaian pilihan ganda terbatas sampai Ujicoba terbatas di satu sekolah sehingga diperlukan ujicoba lebih luas dan implementasiproduk untuk dapat diperoleh suatuinstrumen yang memenuhi standar alat ukur yang baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 Sep 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18224

Actions (login required)

View Item View Item