Pengaruh penerapan bahan ajar IPA terpadu melalui pembelajaran model keterpaduan (Integrated model) terhadap prestasi belajar dan kemampuan berpikir kritis pada sub pokok bahasan air limbah rumah tangga siswa kelas 7 SMPN 20 Malang tahun ajaran 2009/2010 / Khoirotul Isl - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan bahan ajar IPA terpadu melalui pembelajaran model keterpaduan (Integrated model) terhadap prestasi belajar dan kemampuan berpikir kritis pada sub pokok bahasan air limbah rumah tangga siswa kelas 7 SMPN 20 Malang tahun ajaran 2009/2010 / Khoirotul Isl

Islakhiyah, Khoirotul (2010) Pengaruh penerapan bahan ajar IPA terpadu melalui pembelajaran model keterpaduan (Integrated model) terhadap prestasi belajar dan kemampuan berpikir kritis pada sub pokok bahasan air limbah rumah tangga siswa kelas 7 SMPN 20 Malang tahun ajaran 2009/2010 / Khoirotul Isl. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci modul IPA terpadu prestasi belajar kemampuan berpikir kritis. Berdasarkan hasil survei di lapangan bahwa pembelajaran IPA di SMP/MTs masih dilaksanakan secara terpisah-pisah antara bidang studi fisika kimia dan biologi. Hal tersebut dikarenakan beberapa faktor di antaranya adalah kesulitan guru dalam menciptakan bahan ajar IPA terpadu bahan ajar yang telah beredar di lapangan belum dikemas ke dalam topik/tema tertentu meskipun sudah berlabel IPA terpadu. Untuk mengatasi hal tersebut sebelumnya telah dilakukan pengembangan bahan ajar IPA terpadu dengan tema air limbah rumah tangga namun penulisan yang dilakukan baru dalam tahap pengembangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji apakah prestasi belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan dengan bahan ajar IPA terpadu lebih tinggi daripada siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran biasa. Rancangan penelitian eksperimen semu dengan menggunakan untreatened control group design with pretest and posttest bahan ajar IPA terpadu sebagai variabel bebas prestasi belajar dan kemampuan berpikir sebagai variabel terikat. Populasi penelitian adalah siswa SMPN 20 Malang kelas VII semester 1 tahun ajaran 2009/2010. Sampel penelitian ditentukan berdasarkan purposive sampling yaitu kelas 7H sebagai kelas eksperimen dan kelas 7F sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda dengan 4 pilihan. Analisis statistik menggunakan statistik nonparametrik yaitu Mann-Whitney U Test karena data yang diperoleh terdistribusi normal dan tidak homogen. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai rerata tes awal kelas ekperimen sebesar (34 64) teruji sama dengan nilai rerata tes awal kelas kontrol yaitu sebesar (34 23). Pada tes akhir setelah diberikan perlakuan nilai rerata kelas eksperimen sebesar (62 80) teruji lebih tinggi secara signifikan dibandingkan dengan nilai rerata kelas kontrol yaitu sebesar (53 04) begitu pula dengan nilai rerata kemampuan berpikir kelas eksperimen sebesar (61 10) teruji lebih tinggi secara signifikan dibandingkan dengan nilai rerata kelas kontrol yaitu sebesar (55 72). Siswa merespon sangat baik terhadap penerapan bahan ajar IPA terpadu. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan supaya dilakukan penelitian penerapan bahan ajar IPA terpadu untuk meningkatkan prestasi belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa atau penelitian mengenai pengaruh bahan ajar IPA terpadu terhadap variabel-variabel lain seperti kemampuan bertanya kemampuan pemecahan masalah dan lain-lain karena nantinya sangat diharapkan dapat membantu penerapan IPA terpadu di Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Sep 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18223

Actions (login required)

View Item View Item