Penerapan pembelajaran kooperatif model stad untuk meningkatkan keaktifan dan pemahaman konsep fisika siswa kelas X-4 semester II SMA Brawijaya Smart School Malang tahun ajaran 2009/2010 / Yulia Joar Trisnasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model stad untuk meningkatkan keaktifan dan pemahaman konsep fisika siswa kelas X-4 semester II SMA Brawijaya Smart School Malang tahun ajaran 2009/2010 / Yulia Joar Trisnasari

Trisnasari, Yulia Joar (2010) Penerapan pembelajaran kooperatif model stad untuk meningkatkan keaktifan dan pemahaman konsep fisika siswa kelas X-4 semester II SMA Brawijaya Smart School Malang tahun ajaran 2009/2010 / Yulia Joar Trisnasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pembelajaran kooperatif model STAD keaktifan pemahaman konsep fisika Berdasarkan hasil wawancara dengan guru fisika dan observasi di kelas X-4 SMA Brawijaya Smart School Malang diperoleh informasi bahwa keaktifan dan pemahaman konsep fisika siswa rendah. Rendahnya keaktifan siswa ditunjukkan dengan rendahnya keberanian siswa untuk bertanya pada materi yang sebenarnya belum mereka pahami. Indikator lain rendahnya keaktifan siswa yaitu masih sedikitnya siswa yang mau menanggapi pertanyaan yang diajukan oleh guru mengerjakan soal-soal latihan di papan tulis dan mempresentasikan pendapatnya sendiri atau hasil kerja kelompoknya di depan kelas secara sukarela. Rendahnya pemahaman konsep fisika ditunjukkan oleh rendahnya nilai rata-rata ulangan harian siswa bila dibandingkan dengan nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yaitu 75 untuk mata pelajaran fisika di sekolah ini. Hasil observasi juga menunjukkan adanya kecenderungan pola pembelajaran yang masih terpusat pada guru. Guru menyampaikan materi pelajaran dengan menggunakan metode ceramah dan siswa menerima informasi tersebut sambil membuat catatan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kualitas keterlaksanaan pembelajaran kooperatif model STAD dan mengetahui apakah penerapan pembelajaran kooperatif model STAD dapat meningkatkan keaktifan dan pemahaman konsep fisika siswa kelas X-4 Semester II SMA Brawijaya Smart School Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas Kemmis dan Taggart yang terdiri dari 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Tindakan yang diberikan adalah penerapan pembelajaran kooperatif model STAD. Penelitian dilakukan di SMA Brawijaya Smart School Malang dengan subjek penelitian kelas X-4 dengan jumlah 25 siswa terdiri dari 12 siswa perempuan dan 13 siswa laki-laki. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran lembar observasi keaktifan siswa dan tes pemahaman konsep fisika. Keaktifan dan pemahaman konsep fisika dikatakan berhasil jika ketuntasan belajar keduanya telah mencapai 85% dari seluruh siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif model STAD dapat meningkatkan keaktifan dan pemahaman konsep fisika siswa kelas X-4 SMA Brawijaya Smart School Malang. Keaktifan siswa secara keseluruhan mengalami peningkatan pada siklus I ke siklus II sebesar 28% meskipun kelas belum bisa dikatakan tuntas keaktifannya. Pemahaman konsep fisika siswa mengalami peningkatan pada siklus I ke siklus II sebesar 16 % dan kelas sudah bisa dikatakan tuntas belajarnya. Keterlaksanaan pembelajaran kooperatif model STAD juga mengalami peningkatan pada siklus I ke siklus II sebesar 20 29%. Peningkatan persentase keaktifan pemahaman konsep fisika siswa dan keterlaksanaan pembelajaran kooperatif model STAD terjadi karena pada siklus II terdapat perbaikan-perbaikan berdasarkan kekurangan-kekurangan yang ada pada siklus I. Diantaranya yaitu guru lebih mempersiapkan diri dalam mengajar yaitu menyiapkan materi pelajaran pada saat tahap presentasi kelas dengan lebih baik guru lebih sering memberikan pertanyaan kepada siswa pada saat menyampaikan materi sehingga konsentrasi siswa tetap dapat terfokus pada materi yang sedang disampaikan dan memberi kesempatan kepada siswa untuk lebih aktif menjawab dan bertanya suara guru lebih keras dengan instruksi lebih tegas pembentukan ketua kelompok untuk meningkatkan rasa tanggung jawab terhadap hasil belajar kelompok dan individu serta siswa diminta mempersiapkan diri memasuki pembelajaran berikutnya yaitu dengan mempelajari terlebih dahulu materi yang akan diajarkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Sep 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18222

Actions (login required)

View Item View Item