Penerapan pembelajaran kooperatif model think-pair-share (TPS) untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VIIID semester II SMP Negeri 20 Malang / Desis Silviriyanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model think-pair-share (TPS) untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VIIID semester II SMP Negeri 20 Malang / Desis Silviriyanti

Silviriyanti, Desis (2010) Penerapan pembelajaran kooperatif model think-pair-share (TPS) untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VIIID semester II SMP Negeri 20 Malang / Desis Silviriyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci model TPS aktivitas belajar prestasi belajar. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru IPA (fisika) kelas VIIID semester II SMP Negeri 20 Malang diperoleh informasi bahwa pembela-jaran yang digunakan masih didominasi oleh guru dan kadang menggunakan diskusi. Namun diskusi yang digunakan tidak membuat siswa menjadi aktif karena siswa lebih senang memilih sendiri kelompok diskusinya. Situasi tersebut membuat proses belajar mengajar kurang efektif dan maksimal sehingga prestasi belajar siswa menjadi kurang maksimal. Metode-metode seperti ini membentuk siswa menjadi pasif sehingga perlu adanya model pembelajaran yang dapat membuat siswa menjadi lebih aktif. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk membuat siswa lebih aktif adalah model pembelajaran TPS. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Bentuk tindakan pada siklus I merupakan perbaikan untuk tindakan pada siklus II. Tindakan yang diberikan adalah pene-rapan model pembelajaran TPS. Subjek penelitian adalah kelas VIIID semester II berjumlah 40 siswa terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 23 siswa perempuan. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran lembar aktivitas belajar siswa dan tes tulis. Ketercapaian aktivitas dan prestasi belajar siswa dinyatakan dengan menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran TPS dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VIIID semester II SMP Negeri 20 Malang. Penerapan pembelajaran ini terlaksana dengan baik. Hal ini dapat ditunjukkan pada tahap berfikir berpasangan dan berempat di siklus I yang belum terlaksana dengan baik dan lancar menjadi lebih baik pada siklus II. Aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II pada kategori baik dengan persentase rata-rata aktivitas siswa pada siklus I sebesar 7% untuk kategori K (Kurang) 54% untuk tingkat C (Cukup) dan 39% pada kategori B (Baik) mengalami peningkatan ke kategori baik ditandai dengan berkurangnya jumlah siswa yang mencapai kategori K dan C pada siklus II yaitu rata-rata aktivitas siswa pada siklus II sebesar 0% untuk kategori K (Kurang) 46 5% untuk kategori C (Cukup) dan 53 5% pada kategori B (Baik). Prestasi belajar mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II ditunjukkan oleh peningkatan skor tes tulis rata-rata siswa sebesar 6 95 (9 55%) dan peningkatan persentase ketuntasan belajar sebesar 45% dari 40% menjadi 85%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18220

Actions (login required)

View Item View Item