Penerapan pembelajaran kkoperatif model students team achievement division (STAD) pada pokok bahasan alat-alat optik kelas II semester II di Ma Sunan Giri dan MA Miftahul Huda Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan oleh Joko Susianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kkoperatif model students team achievement division (STAD) pada pokok bahasan alat-alat optik kelas II semester II di Ma Sunan Giri dan MA Miftahul Huda Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan oleh Joko Susianto

Susianto, Joko (2010) Penerapan pembelajaran kkoperatif model students team achievement division (STAD) pada pokok bahasan alat-alat optik kelas II semester II di Ma Sunan Giri dan MA Miftahul Huda Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan oleh Joko Susianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Prestasbi elajarf isika siswak elasI I MA SunanG iri danM A MiftahulHudaK ecamataPn rigenK abupatenP asuruana khir-akhiri ni kurangm emuaskan.Hali ni di tandaid enganr endahnyan ilai fisika semesteIr. Kondisii ni disebabkankarenam etodey angd igunakans elalud enganc eramaht a npaa danyau sahau ntukmerubadhe ganm etodel ain. Sehinggam emungkinkanp enelitianin imenggunakamne todeb aruy aitu penerapapne mbelajarakno operatifm odelSTAD. Penelitianini berrujuanu ntukm engeahuia pakaha dap erbedaapnr estasibelajafri sika antaras isway angd iajard enganm etodep embelajarakno operatifmodeSl TAD rlengans isway angd iajard enganm etodep embelajaralna in.Jenisp enelitianin i adalahp enelitiane ksperimend engans ampeyl angterpisahd alamd uap oprrlasyi angm asing-masinkge lompokd i beri perlakuanyangb erbedaS. ebelumd iberi perlakuante rlebihd ahulud iukur kemampuana walmasing-masinkge lompokd enganm enggunakapnr e test.S ampedl alamp enelitianini adalahs isrrrak elast r MA SunanG iri yangj umlahnya2 6 orangd an2 6 oranguntuk kelas Madrasah Miftahul Huda. Teknik pengambilan sampel denganmelalui nilai rata-rata pre t st dari dua kelas yang nilai rata-rata pre test hampirsamau ntukd ijadikans amplep adap enelitianin i. Kemudiand iperolehk elompokyang memperoleh perlakuan yaitu siswa MA Sunan Giri Talang-Watuagung.Dari hasjla nalisam enggunakaulrj i t didapatkannyta h its ebesa6r .866d ant1 bse besa2r .01padat araf sigrifikansi 5% dengand k (N N - 2). Hal inimenunjukkabna hwaa dap erbedaanp restasbi elajarf isika antaras isway angd iaSaryangm enggurrakamn s1od.p embelajarakno operatifm odelS TAD denganm odelpembelajaralna in. Dari reta-ratan ilai hasil testp restasbi elajarf isika untukkelompoky angp embelajarannydae nganm etodek ooperatif7 5 38d anm odell ain59 42.lnim enunjukkanb ahwam etodep embelajarakno operatifl ebih efektifuntukm eningkatkanp restasbi elajarf isika padap okokb ahasana lat-alato ptik.Dengand emikrand isarankanp adag urub idangs tudif isika untukm enggunakanmetodep embelajarakno operatifm odelS TAD sertam enggunakamn etodei nidalamp enelitianp okokb ahasanla in.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18215

Actions (login required)

View Item View Item