Penerapan strategi konflik kognitif dengan demonstrasi untuk meluruskan salah konsep pada pokok bahasan suhu dan kalor siswa kelasII MTsN Malang I oleh Maria Ulfah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan strategi konflik kognitif dengan demonstrasi untuk meluruskan salah konsep pada pokok bahasan suhu dan kalor siswa kelasII MTsN Malang I oleh Maria Ulfah

Ulfah, Maria (2010) Penerapan strategi konflik kognitif dengan demonstrasi untuk meluruskan salah konsep pada pokok bahasan suhu dan kalor siswa kelasII MTsN Malang I oleh Maria Ulfah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Salah satu hasil prosesb elajar adalahp emahamank onsep.P restasif isika yang masih rendah menunjukkan bahwa siswa belum memahami konsepkonsep fisilia dengan benar. Hal ini dibuktikan dengan beberapa hasil penelitian yang menyebutk-aand anyas alahk onsepk hususnyap okok bahasans uhu dank alor Kondisi ru ini di duga disebabkanb leh berbagaif aktor antaral ain penggunaanm etode mengajar yang kurang tepat. Salah satu cara yang digunakan untuk- meluruskan salah tonsid adataf O ngan menimbulkan konflik kognitif di tempuh dengan metode demonstrasi.Tujuan-penelitiniai na dalah( l) Identifikasis alahk onsepp okok bahasan suhud an kaloi yang dialami siswa (2) Mengetahuik eefektifanp enerapans trategi konflik kognitif dengand emonstrasdi alam meluruskans alahk onsepy ang dialami siswak hususnyap okokb ahasans uhud ank alor. peneitian ini merupakanp enelitiank ualitatifyangb erbentukti ndakank elas dan dirancangd alam satu siklus yang terdiri dari empat tahapany. aitu refleksi perencanaanii ndukun pelaksanaant indakan dan observasi.B erhubung penelitian Lerbentuk tindakan kelas maka seluruh populasi adalah siswa kelas II Tindakan kelas yang diberikanp ada penelitiani ni berupap engajaranfi sika dengans trategi konfli k kognitif dengand emonstrasi. Hasil penelitiany angd iperolehm enunjukkanb ahwad arj hasilp rates diperolehp ersentassea lahk onseps ebesa5r 8 125ydoa ns kor rata-rata1 1 625d an respondenyanbge rjumlah4 0 siswa.L ebih lanjut terungkapb ahwas iswam engalami salahk onsepp uaaf ontepkonsep ( l) Siswam enganggaspu hus ebagavi ariabel ekstensiyf aitu variabely angb esamyab ergantungp adaju mlah massam ateriy ang ditinjau. Siswam embedakasnu hud ank alor menjaddi ua macamy aitu suhup anas Oaniu hu aingtns er0ak alor panasd ank alor dingin.( 3) Siswam enganggakpa lorjenis dank apasitaJkalomr empengaruhsie caral angsungp adak enaikans uhut etapi mempengaruhsie carate rbalikp adap enurunans uhu.( 4) Siswam engalamsi alah konsip pida konsepk esetimbangatne rmal.( 5) Siswam enganggaspu hus elalun aik jika suaiub endad ipanaskadna ns elalut urunjika suatub endad idinginkan Pada akhir siklus sicara umum dapat disimpulkan bahwa tindakan berupa pengajaran fisika dengans trategik onflik kogritif dan demonstrasmi erupakanm odel pembelajarayna ngi erbuktie fektifuntuk meluruskans alahk onsepk hususnyap okok bahasans uhud an kalor. Hal ini dapatd iketahuid ari adanyap enurunanp ersentase kesalahakno nsepy aitu dari 58 125%m enjadi9 6250/os e hinggap ersentaskeo nsep yangb erhasild iluruskans ebesa8r 3 44o/noi l ai ini termasukk ategoris angaet feklif . Selainit ujuga terdapapt erbaikank onseps isway angs alahm enjadib enard an beberapab utir lainnya yang tersisab elum dapatd iluruskan( tetapi relatif rendah)s erta tercapainyeaf is iensiw akiu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18204

Actions (login required)

View Item View Item