Efektivitas pengajaran dengan pendekatan inkuiri pokok bahasan suhu dan kalor terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas I MA Miftahul Ulum Cermenan Ngoro Jombang oleh Suparto - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas pengajaran dengan pendekatan inkuiri pokok bahasan suhu dan kalor terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas I MA Miftahul Ulum Cermenan Ngoro Jombang oleh Suparto

Suparto (2010) Efektivitas pengajaran dengan pendekatan inkuiri pokok bahasan suhu dan kalor terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas I MA Miftahul Ulum Cermenan Ngoro Jombang oleh Suparto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendekatanin kuiri merupakans uatu pendekatan dalam prosesb elajar mengajaryang menekankanp adat erciptanyak ondisib elajars isrvaa ktif agar dapatmengemtlangkanp engetahuannyaD. engan pendekatani ni diharapkans isrvad apatrnemperolehp engetahuany ang maksimal dan dapat menguasaik onsep h ukum serta teori dalam fisika secara benar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuiapakah terdapat perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar sisrva yang diajardengan menggunakan pendekatan inkuiri terhadap prestasi belajar siswa vangdiajar dengan menggunakan pendekatan tradisional pokok bahasan suhu dankalor sisrva kelas I MA Miftahul Ulum Cermenan Ngoro.Tombang. Penelitian ini ditakukan dengan cara memberi perlakuan khusus kepadakelompok eksperimen yaitu pernbelajaran dengan menggunakan pendekatan inkuiri sedangkan kelomprck kontrol pembelajaran dengan menggunakan pendekatantradisionalB. aik kelompoke ksperimenm aupunk elompok kontrol diberi materipelajaran yang sama yaitu materi pelajaran suhu dan kalor. Setelah proses belalarmengajar baik kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol dilakukan pengukuranterhadap prestasi belajar fisika sisrva. Populasi penelitian ini adalahsisrva kelas ll dan kelas 12 yang jumlahnya masing-nrasing adalah 30 sisrva. Kelas11 sebagai kelompok eksperimen dan kelas 12 sebagai kelompok control Dari penelitian ini didapatkanh asil t61 u 5 432 sedangliant 66.r 2 00sehinggat l i s) fu1 d1e ngand emikian dapat disimpuikan bahrvaa da perbedaanyang signifikanantara prestasi belajar fisika sisrva yang diajar dengan menggunakanpendekatanin liuiri denganp res tasbi elajar siswa yang diajar denganm enggunakanpendekatan tradisional pokok bahasan suhu dan kalor sisrva kelas I MAMiftahul Ulum Cerrnenan Ngoro Jornbang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18203

Actions (login required)

View Item View Item