Perbedaan hasil belajar pembelajaran tipe numbered heads together dan pembelajaran konvensional siswa kelas IV semester genap pokok bahasan energi bunyi di SDN Bareng 3 Malang / Bekti Triani - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan hasil belajar pembelajaran tipe numbered heads together dan pembelajaran konvensional siswa kelas IV semester genap pokok bahasan energi bunyi di SDN Bareng 3 Malang / Bekti Triani

Triani, Bekti (2011) Perbedaan hasil belajar pembelajaran tipe numbered heads together dan pembelajaran konvensional siswa kelas IV semester genap pokok bahasan energi bunyi di SDN Bareng 3 Malang / Bekti Triani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pembelajaran Tipe Numbered Heads Together Pembelajaran Konvensional Hasil Belajar Siswa Menghadapi era globalisasi yang diiringi dengan perkembangan IPTEK yang sangat pesat maka seseorang dituntut untuk mampu memanfaatkan informasi dengan baik dan cepat. Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan pendidikan nasional khususnya untuk memacu penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi adalah melalui penyempurnaan proses belajar mengajar. Kualitas keberhasilan pembelajaran sangat dipengaruhi oleh kemampuan dan ketepatan guru dalam memilih dan menggunakan metode pembelajaran. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi persoalan tersebut adalah perlu adanya perubahan pembelajaran yang berorientasi pada guru (teacher-centered) menjadi pembelajaran berorientasi pada siswa (student-centered). Metode pembelajaran yang dapat melibatkan peran aktif siswa dalam memaksimalkan kondisi belajar adalah pembelajaran kooperatif (cooperative learning). Metode pembelajaran yang diterapkan di SDN Bareng 3 Malang masih menggunakan metode pembelajaran konvensional. Hal tersebut menyebabkan siswa cenderung pasif merasa bosan dan cenderung meremehkan guru dengan ramai sendiri bersama teman sebangkunya. Maka dari itu peneliti akan mencoba menerapkan metode pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan siswa dari penerapan metode pembelajaran konvensional mata pelajaran IPA pada bahasan Energi Bunyi kelas IV SDN Bareng 3 Malang. Untuk mencapai tujuan tersebut maka jenis penilitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan membagi 2 kelompok yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen adalah kelas yang mendapatkan penerapan pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together (NHT) sedangkan kelas kontrol kelas yang mendapatkan penerapan pembelajaran konvensional (ceramah). Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Nonequivalent Control Group Design dengan pre test dan pos test serta membagi sasaran penelitian menjadi 2 kelompok sampel yaitu kelas eksperimen (IV A) dan kelas kontrol (IV B) dengan cara purposive sampling yakni mengambil subyek penelitian bukan dari strata atau random melainkan karena tujuan tertentu. Berdasarkan hasil analisis hipotesis yang dirumuskan dapat disimpulkan bahwa Terdapat perbedaan signifikan score hasil belajar siswa kelas eksperimen yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan kelas kontrol yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional . Dengan kata lain bahwa rata-rata gainscore hasil belajar siswa yang diajar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) lebih tinggi daripada rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan menerapkan metode pembelajaran konvensional dengan nilai probabilitas (signifikansi) adalah 0 031ttabel 1 9948. Nilai rata-rata gain score untuk kelas eksperimen adalah 25 26 dan kelas kontrol adalah 20 55 sehingga terdapat perbedaan nilai rata-rata gain score antara kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 4 71.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/182

Actions (login required)

View Item View Item