Pengaruh implementasi paket IPA terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema hujan asam terhadap kompetensi IPA siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tumpang semester II tahun ajaran 2009/2010 / Siti Halimatun - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh implementasi paket IPA terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema hujan asam terhadap kompetensi IPA siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tumpang semester II tahun ajaran 2009/2010 / Siti Halimatun

Halimatun, Siti (2010) Pengaruh implementasi paket IPA terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema hujan asam terhadap kompetensi IPA siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tumpang semester II tahun ajaran 2009/2010 / Siti Halimatun. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Implementasi Paket IPA Terpadu Kompetensi IPA Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi secara tegas menyatakan bahwa substansi mata pelajaran IPA pada SMP/MTs merupakan IPA terpadu namun pembelajaran IPA dibeberapa sekolah masih terpisah sehingga hal ini mempengaruhi kompetensi IPA siswa. Pembelaja-ran IPA di SMPN1 Tumpang masih dilaksanakan secara terpisah salah satu alasannya karena tidak adanya panduan pembelajaran IPA terpadu. Pada tahun 2009 telah dibuat paket IPA terpadu berbasis konstruktivisme dengan beberapa tema yang sesuai salah satunya tema Hujan Asam . Paket IPA terpadu tersebut belum diimplementasikan sehingga tidak diketahui apakah paket tersebut dapat meningkatkan kompetensi IPA siswa atau tidak. Berdasarkan hal tersebut maka dilakukan penerapan paket pembelajaran IPA terpadu yang dapat membantu pelaksanaan pembelajaran IPA terpadu. Penerapan paket ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh paket pembelajaran IPA terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema hujan asam terhadap kompetensi IPA (prestasi belajar kerja ilmiah dan sikap ilmiah) siswa SMP Negeri 1 Tumpang. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tumpang. Sampel diambil dengan teknik random sampling. Sampel sebanyak 61 siswa. Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret-April 2010 di SMPN 1 Tumpang. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pembelajaran menggunakan paket IPA terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema hujan asam pada kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional pada kelas kontrol. Sedangkan variabel terikat adalah kompetensi IPA. Uji analisis menggunakan uji anakova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar dan kerja ilmiah antara siswa yang menerima pembelajaran dengan paket IPA terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema hujan asam dan siswa yang menerima pembelajaran secara konvensional. Hal ini tercermin pada nilai signifikansi uji analisis nilai probabilitas prestasi belajar (0.006) dari 0.05 dan nilai probabilitas kerja ilmiah (0.000) 0.05 berdasarkan uji lanjut diperoleh nilai mean difference yang positif yang berarti bahwa ada perbedaan yang siknifikan pada keduanya. Nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari nilai rata-rata kelas kontrol dengan kata lain pembelajaran menggunakan paket IPA terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema hujan asam lebih meningkatkan kompetensi IPA siswa. Sedangkan untuk sikap ilmiah tidak ada perbedaan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Hal ini terlihat dari nilai probabilitas sikap ilmiah siswa (0.337) 0.05.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18188

Actions (login required)

View Item View Item