Upaya meningkatkan pemahaman konsep fisika melalui lembar kerja siswa berbasis pendekatan keterampilan proses pada siswa kelas I semester II SLTP Negeri 02 Malang oleh Lukman - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya meningkatkan pemahaman konsep fisika melalui lembar kerja siswa berbasis pendekatan keterampilan proses pada siswa kelas I semester II SLTP Negeri 02 Malang oleh Lukman

Lukman (2010) Upaya meningkatkan pemahaman konsep fisika melalui lembar kerja siswa berbasis pendekatan keterampilan proses pada siswa kelas I semester II SLTP Negeri 02 Malang oleh Lukman. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Lukman. 2903.LlpayaM eningkatkanP emalutnanK on.sepl- isiks Melalui Lembar Keria Siswa Berhasis Pendekatan Keterampilan Proses Pada Siswa Kelas l SLIP Negeri0 2 Mulung.S kripsi J urusanP endidikanF isikaF MIPA UniversitasN egeril vlalang . Pembmi bin g ( I )Drs S umardij Adikusumo. tt4S. i (2)Drs.H .W inarto. Kata kunci konsepf isika l embark erja siswa p endekatanke terampilanp roses. Belajarfisika padah akekatnyaa dalahu payat erwujudnyap erubahanti ngkah laku manusia yang melalui proses. Oleh karena itu dalam proses belajar mcngajar fisik4 agard apatb erhasild enganb ailq guru hendaknyam emberikanr angsangan kepada siswa agar mereka dapat belajar fisika secara efektif dan efisien. Untuk itu dipcdukan mediay ang menantangy aitu berupaL embarK e a Siswab erbasis PendekatanK eterampilanP rosesy ang dapatm embantus iswa padas aatm elakukan eksperimen. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan yang bersifat deskriptif kualitatif Penelitian ini bertujuan untuk nendeskripsikan apakah dengan menggunakankm bar Kerja Siswa berbasisP endekatanK eterampilanP rosesd apat rneningkatkanp emahamank orxep fisika siswa kelas I SLTP 02 Malangd an mendeskripsikank esulitany ang muncul selamap rosesb elajar mengajard ari tindakan pemberian kmbar Kerja Siswa bertasis Pendekahn Keterampilan Proses. Penelitiani ni dilaksanakanp adas emesterll mulai bulan Mei sampaiJ uni 2003 denganm engambilp okok bahasans uhu.S ebagais ubyekp enelitiani ni adalah siswa kelas 1 A SLTP Nepri 02 Malang. Sumberd ata pemahamank onsepf isika digali dari sumberd ata primer merupakan data ernpiris yaitu siswa kelas I A pada saat proses bclajar mengajar berlangsungy ang berkaitand engant indakan kelas.S edangkand ata lain yaitu sumber data sekunderd iperolehm elalui guru dokumens ekolahd an pihak lain Peneliti bertindaks ebagaip engsmatp nuh per ncanap engumpuld ata penganalisisp enafsird ata dan sebagaip elaporh asil penelitian.F rosedur pengumpuland atad ilakukan dengant eknik observasi w awancara d an dokumentasi. Analisis data yang digunskan adalah mercduksi dsta displsy data pcnarikan kesimpulan verifikasi dan refleksi. Hasil penelitian ini menuqitrkkan bahwa tindakan yang diberikan kepada siswab empaP endekatanK eterampilanP rosesd anganm enggrnakank mbar Kerja Siswad alam procesb elajar mengajarf isika dapt m ningkatkanp emahamank onsep fisika siswa kelas 1 A SLTP 02 Malang podapokok botnsan suhuHal ini pot dilibst dari nilai rata-rata pre-test I 48 60 nilai rata-rata post-test I 58 25 dan nilai mta-rata pre-tes II 53 83 nilai rala-rata post-test II 66 51. Kesulitan yang muncul selamas iswa menerspkanm etodee lsperimen dengnnm engg nffkanm. ediaL embor Kerja Siswab erbasisP end katanK eterampilanP rosesd i kelas meliputi siswak urang terlatih untuk berani mengrmgkaplcapne ndapa sisua kurang teliti memasuklcakne persamaanm atematis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18186

Actions (login required)

View Item View Item