Penerapan pembelajaran kooperatifmodel STAD untuk mengatasi kesalahan konsep materi fisika dasar mahasiswa program studi pendidikan fisika FPMIPA Universitas Negeri Malang oleh Ariska Meilia - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatifmodel STAD untuk mengatasi kesalahan konsep materi fisika dasar mahasiswa program studi pendidikan fisika FPMIPA Universitas Negeri Malang oleh Ariska Meilia

Meilia, Ariska (2010) Penerapan pembelajaran kooperatifmodel STAD untuk mengatasi kesalahan konsep materi fisika dasar mahasiswa program studi pendidikan fisika FPMIPA Universitas Negeri Malang oleh Ariska Meilia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Untuk dapatm enghasilkang uru fisika yang profesional m aka paral ulusan di bidangk ependidikand ituntut uniuk memiliki kemampuana kademiky ang tinggi khususnyaF isika Dasar.N amun kebanyakanm ahasiswam enunjukkan bahwan ilai Fisika Dasary ang ditempunyar endah.H al ini bisa disebabkano leh berbagami acamh al salahs atunyaa dzlahkesalahank onsep.U ntuk memperbaiki kesalahank onsepy ang adam aka diperlukans uatup ernbelajarand imanam ahasiswad apatt erlibat secaraa ktifdala n prosesp embelajarans alahs atunyad engzn menggunakapne mbelajarank ooperatif model STAD. Tujuan dari penelitiani ni adalahu ntuk menurunkanti ngkat kesalahan konsepm ateri Fisika Dasarm ahasiswaP rogramS tudi PendidilcanF isika FMtrA UniversitaNs egeriM alangd enganm enggunakapne mbelajarakno operatifm odel STAD. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang berbentuk tindakan kelas. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dimana tiap siklus terdiri dari perencanaanti ndakanp elaksanaatnin dakan d anr cfleksi.S ubyekp enelitianin i adalah mahasiswap rograms tudi PendidikanF isika kelasB offD tahuna jaran2 002/2003 yangb erjumlah3 5 orangm ahasiswaP. rosedurpengumpuladna ta dalamp enelitian ini adalahd engano bservasi t es pemahamank onsep k ajian lembarp ekerjaan tesm ahasisw4d okumentasi d an wawancaraD- ata yang terkumpul dari hasil observ asdia n tes pemahamank onsepd ianalisis.T eknik analisisy ang digunakan dalamp enelitia n ini adzlah( I ) menyederhanakadn ta (2) penyaija n data ( 3) penarikank esimpulan v erifikasi dan refleksi. Hasil penelitianm enunjukkanb ahwap cmbelajarank ooperatifm odel STAD secaraefektifd apatm enurunkant ingkat kesalahank onsepF isika Dasar. Pada siklus I tingkat kesalahank onsepm ahasiswas ebesa4r l l4 yo sedang kan padas iklus II tingkat kesalahank onsepnyas ebesa2r 4 57 %. Hasil ini menunjukkanb atrwat elah terjadi penurunanti ngkat kesalahank onsep y ang berartip emahamaank an konsepf isika semakinb agus.S ehinggad apatd isimpulkanb ahrvap embelajarank oopenatifm odel STAD efektif dalam menurunkan tingkat kesalahank onsepm ahasiswaP rogramS tudi PendidikanF isika FMIPA UniversitaNs egeriM alang

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18184

Actions (login required)

View Item View Item