Penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk mencapai ketuntasan belajar fisika kelas I MAN 10Solokuro Lamongan oleh Abdul Hakam Mubarok - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk mencapai ketuntasan belajar fisika kelas I MAN 10Solokuro Lamongan oleh Abdul Hakam Mubarok

Mubarok, Abdul Hakam (2010) Penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk mencapai ketuntasan belajar fisika kelas I MAN 10Solokuro Lamongan oleh Abdul Hakam Mubarok. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

AbSTRAK Mubaroh AH. 2003.P eneropanM etode Penbelaiaran Kooperoti/ Tipe STAD untuk Mencopai Ketunlasan Belaiar Fisika Kelas I MAM l0 Sololaro lamongan Skripsij u rusanP cndidiknnF isikaF lvtlPAU niversitasN egcriM alang. Pembimbin(gl) Drs.S upriyonoK oesH andayantoM .Pq MA. (li) Samsul HidayatS .Si I 4.T. Krta kunci p cmbclajaraSn 7D kctuntasabne lajar Pcncrapamn ctodcp cmbclajaranf isika yang tspat bcrimbasp adsp cmhukan sisway arg altif keatif mandiri bertanggungjawabd anp eraib prestasiu nggul.S elarna ini purerapanm etodep embelajarany ang adad i MadrasabA liyah Muhammadiyahl 0 -_- (MAM l0) SolokuroL amongank hususnyam asihc enderungp adam etodec eramah mcncabtd anp cmberiant ugasr umah (PR). Ternyatam otod t ersebutk urang dapat mcningkatkapnr estasbi elajarf isika siswa Untuk itu perlu dicobakanm etode pombclajaralani n yaitu metodep eurbclajarank oopoatif tipe 5- 7D. Tujuanp enelifianin i adalahu ntukm engetahuai pakahp enerapamn etode pcmbclajarakno opcr iftipc STAD dapatrnencapaki tuntasanb cl4iar fisika siswak elas I MAM l0 Solokuro Larnongan. Pcnclitianin i mcnggunakapna ndckataknu alitatifjenisp cnclitiant indakank clas (PTK).S ubjekp enelitiannysai swak elasI MAM l0 SolokuroL aflrongaryl angb erjumlalt 32o rangs iswad cnganjurnlallra ki-laki 2l orangs iswad anj urnla h pcrempuanI I orang siswa Prosedupr engumpuland a dalamp enelitiani ni diambil dari (a) datak egiatan pembelajarapna das aatp eneftlpanm etodep embelajarank ooperatif tipe S-17Dd engan icrnbapr cngamata(nb ) datah asilb clajars iswad organp cmberiank uis dant esp restasi. Daa tcrscbudt ianalisisd organt eknik( t) reduksid ata ( 2) paparand at4 dan( 3) pcoaritan kesimpulan. Hasilp cnctitianr ncnunjukkanb ahwapcnerapanm etodep embelajarank ooperatif ApaS AD memberikakne istimewaabne rupam udahnyas iswam emaharnmi aterim elalui bc ar kclompoh siswat erbiasam crnecahkanm asalahd cngant crnan-temanny4s iswa terbiasam elakukanta nggungjawabb elajar d an prestasib elajars iswa meningkat b egitu jugak crnampuasni swad alarnm enyclesaikanb eberapak uis dBnt cs prestasii ndividu selringgsae carak eseluruhamn enunjukkank enaikans korp restasbi elajar.P ersenfasi kCnnUsanb elajarf isika secwaklasikalm eningkard a i 71 g7o/omenjad8i 7 5%.D engan dqnikiand apatd ikatakanb ahwap enerapanm etodep ernbelajarank ooperatiftipe S77l) dapamt enuntaskabne lajarf isika siswak elasI MAM 10 SolokuroL amongan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18183

Actions (login required)

View Item View Item