Peningkatan pemahaman konsep fisika melalui model pembelajaran fenomenologis dengan pendekatan konstruktivisme siswa kelas I SLTP Negeri 5 Malang oleh Tri Sutrisno - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan pemahaman konsep fisika melalui model pembelajaran fenomenologis dengan pendekatan konstruktivisme siswa kelas I SLTP Negeri 5 Malang oleh Tri Sutrisno

Sutrino, Tri (2010) Peningkatan pemahaman konsep fisika melalui model pembelajaran fenomenologis dengan pendekatan konstruktivisme siswa kelas I SLTP Negeri 5 Malang oleh Tri Sutrisno. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK SutrisnoT ri. 2003.P eningkatanP emahomanK onsepF isika Melalui Model Pembelaal ran FenomenologiDs enganP endekatanK onstruktivisme SiswaK elasI SLTPN egeri5 Malang. Skripsi J urusanF isika ProgramS tudiP endidikanF isika F MIPA UniversitasN egeri Malang.P embimbing(1 ) Drs. Sumaryono(I I) Drs. Purbo SuwasonoM. . Si. Katak unci PemahamaKno nsep M odel FenomenologisK o nstruktivismeS uhu dan Pemuaian Penguasaadna n pemahamante rhadapk onsepm erupakant ujuan akhir dari prosepse mbelajaranD.a lamm emahamki onsepf isika tidak hanyam elaluib uku saj4l ingkunganju ga merupakans umberb elajary ang dapatm embantus iswa memahamkio nsepy angd ipelajarim elaluip engamatalna ngsungte rhadap kejadiana taup eristiwad an dikaitkan dengank onsepy ang dipelajari. Penelitian ini bertujuanu ntuk mengetahupi eningkatanp emahamank onseph sika melalui modelp embelajaranfe nomenologisd enganp endekatank onstrukt ivisme pada pokokb ahasans uhud an pemuaians iswak elasI SLTP Negeri 5 Malang. Penelitianin i merupakanp enelitiank ualitatif j enisnyaa dalahp enelitian tindakank elasy angd irancangd alamt iga (3) siklusk egiatany angd ilakukan dalamb eberapak ali pertemuanP. engumpuland ata dilakukan dari hasil tes rekamadna ta w awancarad okumentasdi ana ngket.K elasI di SLTPN egen5 Malang berjumlah 9 kelas. Kelas yang diberi tindakan adalah kelas I-H yang be umlah4 4 siswa t erdin dari 27 siswap erempuand an1 7 siswal aki-laki. Hasil penelitiany angd iperolehm enunjukkanb ahwam odelp embelajaran fenomenologids apatm eningkatkanp emahamank onsepf isika siswa k hususnya pada pokok bahasan suhu dan pemuaian. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan ilai rata-ratak elasm enjadi 71 setelahd iberikant indakand engan ketuntasanb elajark elasa dalah9 3% o.Dahna sil pengamatans elamap emberian tindakan w awancarad an angkety ang disebard apatd isimpulkanb ahwas ikap siswa terhadap metode yang diterapkan guru adalah sikap positif. Sikap ini dapat dilihatd ari keaktifans elamap rosesp embelajarayna itu aktif dalamb ertanyad an menjawaba ktifdalamd iskusik elasd ank elengkapanc atatunS. edangkan keaktifans elamak egiatanl aboratoriumb erlangsungd ilihat dari keaktifana nggota kelompok dalam menyusun alat keaktifan dalam pengambilan data pengamatan dan keaktifan dalam diskusi kelompok. Juga terlihat tingginya motivasi siswa Motivasi ini tampakd ari persiapany ang dilakukan siswad enganm empelajan materis ebelumnydai rumah.T erlihatd i awalp rosesp embelajatasni swaa ktif bertanyate ntangm ateri yang akan dipelajari. Berdasarkahna silp enelitiand isarankanb agi gurub idangs tudiu ntuk menerapkamn odelp embelajarafne nomenologidse nganp endekatan konstruktivismes ebagasi alahs atua lternatif untuk meningkatkanp emahaman konsepfi sika siswa t erutamam elaluik egiatanla boratoriumB. agi peneliti selanjutnydai sarankana garm elakukanp enelitianle bih lanjutt erutamap ada pokok bahasanla in yang memungkinkand iterapkannnyam odel pembelajaran fenomenologidse nganp endekatakno nstruktivisme.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18176

Actions (login required)

View Item View Item