Pengaruh penerapan paket IPA terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema air terhadap kompetensi IPA siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pakisaji Kabupaten Malang semester II tahun ajaran 2009/2010 / Ani Maelasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan paket IPA terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema air terhadap kompetensi IPA siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pakisaji Kabupaten Malang semester II tahun ajaran 2009/2010 / Ani Maelasari

Maelasari, Ani (2010) Pengaruh penerapan paket IPA terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema air terhadap kompetensi IPA siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pakisaji Kabupaten Malang semester II tahun ajaran 2009/2010 / Ani Maelasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Maelasari Ani. 2010. Pengaruh Penerapan Paket IPA Terpadu Berbasis Konstruktivisme dengan Tema Air terhadap Kompetensi IPA Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Pakisaji Kabupaten Malang Semester II Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Supriyono Koes H. M.Pd. MA (II) Drs.Triastono Imam Prasetyo M.Pd. Kata Kunci Paket IPA Terpadu Konstruktivisme Kompetensi IPA Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 menyatakan bahwa substansi mata pelajaran IPA pada SMP atau MTS merupakan IPA Terpadu. Pembelajaran IPA Terpadu dikembangkan berdasarkan paham konstruktivisme yaitu siswa dapat memperoleh pengalaman langsung sehingga dapat menambah kekuatan untuk menerima dan menyimpan konsep yang telah dipelajarinya. Pembelajaran IPA terpadu dikaji dari perpaduan beberapa pokok bahasan yang membuat siswa dapat memahami fenomena dari berbagai bidang ilmu fisika biologi dan kimia. Kemudian beberapa pokok bahasan yang relevan dikemas menjadi tema tertentu. Pada tahun 2009 telah dikembangkan paket IPA terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema air beserta panduannya oleh Rahmawati. Paket IPA Terpadu ini telah diuji kelayakannya oleh dosen dan guru serta uji keterbacaan buku panduan siswa oleh siswa SMP tetapi belum diuji secara empirik untuk mengetahui keefektifannya dalam mengukur kompetensi IPA siswa. Oleh sebab itu perlu dilakukan pembelajaran IPA menggunakan paket IPA Terpadu berbasis kontruktivisme untuk mengetahui keefektifannya. Profil kompetensi IPA pada penelitian ini adalah prestasi belajar kerja ilmiah dan sikap ilmiah. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2009/ 2010 yaitu pada bulan Pebruari sampai April. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimental semu. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pakisaji diambil dengan teknik cluster random sampling. Sedangkan sampelnya yaitu kelas VII-C sebagai kelompok eksperimen diberi perlakuan penerapan paket IPA terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema air dan kelas VII-A sebagai kelompok kontrol yang pembelajarannya berjalan seperti biasa atau secara konvensional. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pre test dan post test. Instrumen prestasi belajar berupa tes obyektif dengan reliabilitas sebesar 0 706 instrumen kerja ilmiah berupa tes subyektif dengan reliabilitas sebesar 0 591 dan instrumen sikap ilmiah berupa inventori dengan reliabilitas sebesar 0 809. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan pada kompetensi IPA yang meliputi prestasi belajar kerja ilmiah dan sikap ilmiah antara siswa yang mendapat pembelajaran menggunakan paket IPA Terpadu berbasis kontruktivisme dengan tema air dan siswa yang mendapat pembelajaran secara konvensional di SMP Negeri 1 Pakisaji. Nilai rata-rata yang diperoleh kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol setelah perlakuan diberikan dengan mengikutsertakan kovariabel yaitu pre test kompetensi IPA sebelum perlakuan. Oleh karena itu disarankan agar penerapan pembelajaran IPA Terpadu dilaksanakan di sekolah-sekolah khususnya di SMP Negeri 1 Pakisaji. Selain itu memaksimalkan keterlaksanaan pembelajaran yakni dengan mengintensifkan penggunaan alat dan bahan laboratorium.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18167

Actions (login required)

View Item View Item