Peningkatan motivasi dan pemahaman konsep dalam pembelajaran fisika dengan teknik mencatat peta pikiran (mind mapping) bagi siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 1 Malang / Novika Qurrotul Ainy

Ainy, Novika Qurrotul (2010) Peningkatan motivasi dan pemahaman konsep dalam pembelajaran fisika dengan teknik mencatat peta pikiran (mind mapping) bagi siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 1 Malang / Novika Qurrotul Ainy. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ainy, Novika Qurrotul. 2010. Peningkatan Motivasi dan Pemahaman Konsep dalam Pembelajaran Fisika dengan Menggunakan Teknik Mencatat Peta Pikiran (Mind Mapping) Bagi Siswa Kelas XI IPA 4 SMA Negeri 1 Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Muhardjito, M.S. (II) Sulur, S.Pd, M.Si. Kata Kunci : Mind Mapping, Peta Pikiran, Motivasi, Pemahaman Konsep. Metode pembelajaran yang sering digunakan di kelas XI IPA 4 SMA Negeri 1 Malang sudah cukup baik dan beragam namun kegiatan pembelajaran di kelas hanya bertumpu pada penggunaan otak kiri saja sehingga siswa cenderung bosan mengikuti kegiatan pembelajaran yang menyebabkan motivasi siswa menjadi berkurang. Rendahnya motivasi dan pemahaman konsep fisika kelas XI IPA 4 SMA Negeri 1 Malang ini diatasi dengan menerapkan teknik mencatat mind mapping. Teknik mencatat mind mapping adalah cara baru untuk belajar dan berlatih yang cepat dengan cara membuat catatan yang tidak membosankan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi siswa setelah diterapkan teknik mencatat peta pikiran (mind mapping) pada pembelajaran fisika di kelas XI IPA 4 SMA Negeri 1 Malang, mengetahui peningkatan pemahaman konsep siswa setelah diterapkan teknik mencatat peta pikiran (mind mapping) pada pembelajaran fisika di kelas XI IPA 4 SMA Negeri 1 Malang, dan mengetahui faktor penghambat dan pendukung penerapan penggunaan teknik mencatat (mind mapping) pada pembelajaran fisika kelas XI IPA 4 SMA Negeri 1 Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah kelas XI IPA 4 SMA Negeri 1 Malang yang terdiri dari 36 siswa. Model siklu PTK yang digunakan dalam penelitian ini adalah model siklus yang dikembangkan oleh Kemmis Taggart (1990). Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah motivasi siswa meningkat secara signifikan dari 74 menjadi 78 pada siklus I dan meningkat menjadi 87 pada siklus II, pemahaman konsep siswa meningkat dari 61,5 menjadi 71 pada siklus I dan menjadi 86 pada siklus II. Berdasarkan pengamatan langsung yang dilakukan, diketahui faktor pendukung penerapan teknik mencatat mind mapping adalah pihak sekolah yang merespon positif terhadap model pembelajaran yang inovatif dan kreatif, adanya apresiasi siswa yang tinggi terhadap proses pembuatan catatan menggunakan teknik mencatat mind mapping dan kerja sama yang baik antara peneliti dengan guru mata pelajaran. Faktor penghambat penerapan mind mapping adalah keterbatasan waktu sehingga tidak seluruh mind mapping dapat dipresentasikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18166

Actions (login required)

View Item View Item