Peningkatan kemampuan bertanya dan prestasi belajar siswa kelas XI IPA-2 SMA Negeri 1 Tongas tahun ajaran 2009/2010 melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing / Ayu Dhini Prahara - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan bertanya dan prestasi belajar siswa kelas XI IPA-2 SMA Negeri 1 Tongas tahun ajaran 2009/2010 melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing / Ayu Dhini Prahara

Prahara, Ayu Dhini (2010) Peningkatan kemampuan bertanya dan prestasi belajar siswa kelas XI IPA-2 SMA Negeri 1 Tongas tahun ajaran 2009/2010 melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing / Ayu Dhini Prahara. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Prahara Ayu Dhini. 2010. Peningkatan Kemampuan Bertanya dan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPA-2 SMA Negeri 1 Tongas Tahun Ajaran 2009/2010 Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika. Jurusan Fisika. FMIPA Unibersitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Yudyanto M. Si (2) Drs. Sirwadji. Kata Kunci Model Inkuiri Terbimbing Kemampuan Bertanya Siswa Prestasi Belajar Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan di SMA Negeri 1 Tongas khususnya kelas XI IPA-2 ditemukan bahwa guru fisika menerapkan metode cera- mah yang diselingi dengan latihan soal dalam pembelajaran fisika. Metode prakti- kum jarang digunakan dalam pembelajaran karena ruang laboratorium dan alat yang kurang memadai. Kegiatan pembelajaran seperti ini kurang melibatkan peran siswa sehingga siswa di dalam kelas cenderung pasif. Siswa tidak pernah menga- jukan pertanyaan meskipun siswa belum mengerti tentang materi yang diajarkan. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui peningkatan kemampuan bertanya dan prestasi belajar siswa kelas XI IPA-2 SMA Negeri 1 Tongas dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersifat kualitatif. Model pembelajaran yang diterapkan dalam penelitian ini ada- lah model pembelajaran inkuiri terbimbing yang terdiri dari enam fase kegiatan yaitu menmyajikan pertanyaan atau masalah membuat hipotesis merancang per- cobaan mengumpulkan dan menganalisis data membuat kesimpulan. Untuk me- lihat adanya peningkatan kemampuan bertanya dan prestasi belajar siswa maka dirancang model pembelajaran inkuiri terbimbing siklus I. karena kemampuan bertanya dan prestasi belajar siswa belum mencapai ketuntasan yang diharapkan maka penelitian ini dilanjutkan ke siklus II. instrumen yang digunakan adalah lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran instrumen pembelajaran berupa RPP LKS dan soal evaluasi serta instrumen kemampuan bertanya siswa. Indika- tor kemampuan bertanya siswa meliputi tingkat pertanyaan relevansi bahasa dari kalimat pertanyaan dan keberanian. Analisis prestasi belajar siswa berpedoman pada SKM sekolah yaitu perolehan nilai minimal 60. Hasil penelitian menyatakan keterlaksanaan penerapan model inkuiri terbimbing sebesar 100% terjadi pada siklus II. Kemampuan bertanya siswa mengalami peningkatan pada semua aspek yaitu keberanian relevansi bahasa dan tingkatan pertanyaan. Kemampuan bertanya siswa masuk pada kriteria baik dengan persentase sebesar 62%. Selain itu prestasi belajar siswa 100% sudah mencapai SKM sekolah. Peningakatan ini terjadi karena guru memotivasi siswa dengan berupa pemberian poin bagi siswa yang aktif dalam proses pembelajaran. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kontekstual model inkuiri terbim- bing dapat meningkatkan kemampuan bertanya dan prestasi belajar fisika siswa kelas XI IPA-2 SMA Negeri 1 Tongas

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18165

Actions (login required)

View Item View Item