Pengaruh implementasi paket IPA terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema energi terhadap kompetensi IPA siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Malang semester II tahun ajaran 2009/2010 / Bayu Rahendra Purbantoko - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh implementasi paket IPA terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema energi terhadap kompetensi IPA siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Malang semester II tahun ajaran 2009/2010 / Bayu Rahendra Purbantoko

Purbantoko, Bayu Rahendra (2010) Pengaruh implementasi paket IPA terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema energi terhadap kompetensi IPA siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Malang semester II tahun ajaran 2009/2010 / Bayu Rahendra Purbantoko. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Purbantoko Bayu Rahendra. 2010. Pengaruh Implementasi Paket IPA Terpadu Berbasis Konstruktivisme dengan Tema Energi terhadap Kompetensi IPA Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Malang Semester II Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi Jurusan Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang (1) Drs. Sumaryono (II) Drs. H. Parlan M Si. Kata Kunci IPA Terpadu Paket IPA Terpadu Kompetensi IPA. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah secara tegas dinyatakan bahwa substansi mata pelajaran IPA pada SMP/ MTs merupakan IPA Terpadu. Pada tahun 2009 telah dikembangkan paket IPA Terpadu berbasis konstruktivisme dengan berbagai tema salah satunya adalah tema energi oleh Mauladana yang telah diuji kelayakannya meliputi penilaian Paket IPA Terpadu oleh dosen dan guru serta uji keterbacaan buku panduan siswa oleh siswa SMP tetapi belum diuji secara empirik untuk mengetahui keefektifannya. Oleh sebab itu perlu dilakukan implementasi paket IPA Terpadu yang dapat membantu proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kompetensi IPA pada tema energi antara siswa yang mendapat pembelajaran menggunakan paket IPA terpadu berbasis kontruktivisme dan siswa yang mendapat pembelajaran secara konvensional. Rancangan eksperimen yang digunakan pada penelitian ini adalah rancangan eksperimen semu (Quasi Eksperimental Design). Jenis eksperimen semu yang digunakan adalah the pretest-postest nonequivalent control group design. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah instrumen perlakuan dan instrumen pengukuran. Instrumen perlakuan berupa pembelajaran menggunakan paket IPA Terpadu berbasis kontruktivisme tema energi dan panduan pelaksanaannya yang diberikan pada kelas eksperimen. Paket IPA Terpadu berbasis kontruktivisme tema energi dan panduan pelaksanaannya telah dibuat oleh Mauladana (2009). Sedangkan instrumen pengukuran yang digunakan berupa tes tertulis untuk mengukur prestasi belajar dan kerja ilmiah serta inventori untuk mengukur sikap ilmiah siswa. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan anakova diperoleh hasil bahwa terdapat perbedaan Kompetensi IPA (prestasi belajar kerja ilmiah dan sikap ilmiah) pada tema energi yang signifikan antara siswa yang mendapat pembelajaran menggunakan paket IPA Terpadu dan siswa yang mendapat pembelajaran secara konvensional. Dari analisis tersebut diperoleh bahwa skor rata-rata kompetensi IPA kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18164

Actions (login required)

View Item View Item