Efektifitas penggunaan bahan ajar IPA model integrasi terhadap prestasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 7 Malang / Ferdi Reza Fahrisal - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektifitas penggunaan bahan ajar IPA model integrasi terhadap prestasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 7 Malang / Ferdi Reza Fahrisal

Fahrisal, Ferdi Reza (2010) Efektifitas penggunaan bahan ajar IPA model integrasi terhadap prestasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 7 Malang / Ferdi Reza Fahrisal. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fahrisal Ferdi Reza. 2010. Efektifitas Penggunaan Bahan Ajar IPA Model Integrasi terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Lia Yuliati M. Pd. (II) Drs. Agus Suyudi M. Pd. Kata Kunci efektifitas bahan ajar IPA model integrasi prestasi belajar. Wawancara dengan guru IPA di SMP Negeri 7 Malang diketahui bahwa pembelajaran IPA terpadu sudah diterapkan. Penyajian materi pada bahan ajar masih terpisah-pisah berdasarkan bidang-bidang kajiannya meskipun sudah disatukan dalam sebuah buku. Sebelumnya sudah ada hasil pengembangan bahan ajar IPA terpadu yang sesuai dengan kurikulum yang diberlakukan oleh pemerintah dengan tema perpindahan kalor dan akibat yang ditimbulkannya namun penulisan yang dilakukan baru dalam tahap pengembangan belum diimplementasikan ke lapangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur perbedaan prestasi belajar antara siswa yang mendapat pembelajaran menggunakan bahan ajar IPA model integrasi dengan siswa yang mendapat pembelajaran menggunakan bahan ajar IPA konvensional dan menentukan efektifitas bahan ajar terhadap prestasi belajar siswa pada kelompok prestasi tinggi dan kelompok prestasi rendah yang menggunakan bahan ajar IPA model integrasi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Populasi penelitian adalah siswa SMP Negeri 7 Malang kelas VII semester 2 tahun ajaran 2009/2010 yang terdiri dari 7 kelas. Sampel penelitian adalah kelas VII-A sebagai kelas eksperimen dan VII-B sebagai kelas kontrol masing-masing kelas terdiri dari 43 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive cluster sampling yaitu berdasarkan pertimbangan nilai rata-rata IPA yang hampir sama yaitu 57 dan 54. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah (1) Instrumen perlakuan yang digunakan adalah bahan ajar IPA model integrasi tema perpindahan kalor dan akibat yang ditimbulkannya untuk kelas eksperimen. (2) Instrumen pengukuran penelitian berupa tes yang terdiri dari 23 soal pilihan ganda dengan r 0 73 (nilai reliabilitas tinggi). Untuk mengetahui adanya perbedaan postes terhadap kelas eksperimen dan kelas kontrol digunakan Scheffe Test. Berdasarkan hasil uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan prestasi belajar siswa yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah diberi perlakuan berupa pembelajaran menggunakan bahan ajar IPA model integrasi. Bahan ajar dikatakan efektif bila prestasi belajar siswa yang diajar menggunakan bahan ajar IPA model integrasi lebih tinggi dari prestasi belajar siswa yang diajar menggunakan bahan ajar IPA konvensional. Berdasarkan Scheffe Test untuk kelompok prestasi tinggi dan kelompok prestasi rendah memberikan hasil t_(A_1 B_2-A_2 B_2 ) 0 063 2 014 t_((45 0.05) )dan t_(A_1 B_1-A_2 B_1 ) 0 067 2 020 t_((41 0.05) ) menunjukkan bahwa bahan ajar IPA terpadu efektif diterapkan pada siswa kelompok prestasi tinggi maupun kelompok prestasi rendah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18161

Actions (login required)

View Item View Item