Viranti, Evita Dewi Kusuma (2020) Level kognitif pada materi SPLDV dalam buku teks matematika kelas VIII berdasarkan taksonomi bloom revisi / Evita Dewi Kusuma Viranti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Tujuan pembelajaran mencakup tiga ranah yaitu afektif psikomotorik dan kognitif. Ranah kognitif merupakan ranah yang berkaitan dengan aktivitas mental (otak) yang meliputi kemampuan berpikir dan intelektual peserta didik. Taksonomi Bloom revisi membagi ranah kognitif menjadi enam tingkatan yaitu mengingat memahami mengaplikasi menganalisis mengevaluasi dan mencipta. Salah satu pedoman penilaian dalam standar kompetensi lulusan yaitu memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi (menganalisis mengevaluasi dan mencipta). Kemampuan kognitif tersebut dapat ditingkatkan melalui latihan soal secara rutin. Salah satu sumber belajar yang banyak memuat latihan soal adalah buku teks. Oleh karena itu peneliti menganalisis soal-soal yang terdapat dalam buku teks berdasarkan dimensi kognitif Taksonomi Bloom revisi. Subjek penelitian ini adalah soal-soal pada pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel yang terdapat dalam buku tek matematika kelas VIII semester I edisi revisi 2017 yang diterbitkan berdasarkan kurikulum 2013. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi. Instrumen penelitian ini berupa lembar klasifikasi yang memuat deskripsi level dan proses kognitif Taksonomi Bloom revisi dalam materi SPLDV yang digunakan sebagai pedoman dalam menganalisis soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 171 soal materi sistem persamaan linear dua variabel yang dianalisis 9 soal berada pada level kognitif mengingat (C1) dengan persentase 54 soal berada pada level kognitif memahami (C2) dengan persentase 101 soal berada pada level kognitif mengaplikasi (C3) dengan persentase 3 soal berada pada level kognitif menganalisis (C4) dengan persentase 4 soal berada pada level kognitif mengevaluasi (C5) dengan persentase dan tidak terdapat soal yang berada pada level kognitif mencipta (C6). Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa bahwa soal-soal materi sistem persamaan linear dua variabel dalam buku teks matematika masih belum memenuhi kriteria proporsi soal yang baik. Soal-soal tersebut dominan berada pada level kognitif mengaplikasi dan soal yang tergolong soal jenis HOTS memiliki jumlah paling sedikit di antara yang lainnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Apr 2020 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2020 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/181606 |
Actions (login required)
View Item |