Pengembangan bahan ajar IPA terpadu berbasis kontekstual tema pemuaian pada berbagai wujud zat untuk siswa SMP kelas VII / Khoirun Nisa - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar IPA terpadu berbasis kontekstual tema pemuaian pada berbagai wujud zat untuk siswa SMP kelas VII / Khoirun Nisa

Nisa, Khoirun (2010) Pengembangan bahan ajar IPA terpadu berbasis kontekstual tema pemuaian pada berbagai wujud zat untuk siswa SMP kelas VII / Khoirun Nisa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nisa Khoirun . 2010. Pengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu berbasis kontekstual Tema Pemuaian pada berbagai wujud Zat untuk SMP kelas VII. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Lia Yuliati M. Pd. (II) Drs. I Wayan Dasna M.Si. M.Ed Ph.D Kata Kunci bahan ajar IPA terpadu pendekatan kontekstual Pembelajaran yang dianjurkan dalam pelaksanaan KTSP berdasarkan standar proses adalah dengan pendekatan kontekstual. Pada jenjang SMP/MTs mata pelajaran IPA adalah terpadu. IPA Terpadu merupakan perpaduan dua bidang kajian atau lebih yang berhubungan dan diajarkan dalam bentuk satu kesatuan tema. Salah satu kendalanya adalah bahan ajar IPA Terpadu yang disajikan dalam bentuk tema masih belum ada yang beredar di masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar IPA Terpadu berbasis kontekstual dengan tema Pemuaian pada berbagai Wujud Zat untuk siswa SMP kelas VII. Pengembangan bahan ajar menggunakan desain penelitian pengembangan (Research and Development) oleh Borg dan Gall 1983. Langkah langkah yang dilakukan adalah studi pendahuluan pengembangan produk penilaian produk revisi produk. Penilaian draf produk dilakukan oleh dosen fisika dosen kimia dan guru SMP masing masing satu orang . Penilaian menggunakan dua instrumen yang berbeda yaitu angket penilaian bahan ajar IPA Terpadu dan instrumen penilaian bahan ajar.teknik analisis yang digunakan adalah analisis perhitungan rata-rata yang diadaptasi dari Arikunto. Hasil penelitian berupa bahan ajar IPA Terpadu berbasis kontekstual dengan tema pemuaian pada berbagai wujud zat untuk SMP kelas VII. Bahan ajar hasil penelitian berupa buku teks 82 halaman yang terdiri dari halaman muka daftar isi daftar gambar daftar tabel peta konsep bagian isi dari bahan ajar yang terdiri materi bahan ajar dan lembar kegiatan siswa rangkuman soal evaluasi kunci jawaban glosarium dan daftar pustaka. Hasil penilaian dari uji kelayakan adalah 3.27dari rentang nilai 1-4 dengan kriteria bahan ajar yang dikembangkan adalah sangat layak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18160

Actions (login required)

View Item View Item