pengembangan perangkat pembelajaran dengan pendekatan contextual teaching and learning (ctl) pada materi statistika kelas viii di smp cendekia sidoarjo / elrisa febriyanti - Repositori Universitas Negeri Malang

pengembangan perangkat pembelajaran dengan pendekatan contextual teaching and learning (ctl) pada materi statistika kelas viii di smp cendekia sidoarjo / elrisa febriyanti

Febriyanti, Elrisa Febriyanti (2021) pengembangan perangkat pembelajaran dengan pendekatan contextual teaching and learning (ctl) pada materi statistika kelas viii di smp cendekia sidoarjo / elrisa febriyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini berawal dari penggunaan perangkat pembelajaran yang meliputi RPP dan LKS kurang memfasilitasi siswa untuk mengkonstruksi dan menemukan suatu konsep statistika serta mengaitkan apa yang dipelajari dengan pengalaman hidupnya. Untuk itu dilakukan pengembangan RPP dan LKS dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran statistika untuk SMP Cendekia Sidoarjo kelas VIII dengan pendekatan CTL meliputi RPP dan LKS yang valid praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu model pengembangan Plomp dengan 3 tahap yaitu (1) Penelitian awal (2) Fase prototipe dan (3) Fase penilaian. Uji coba ini melibatkan 28 siswa kelas VIII. Produk dikatakan valid dilihat dari skor validasi RPP diperoleh nilai 3 36. Skor validasi LKS diperoleh nilai 3 38 . Produk dinyatakan praktis berdasarkan skor kepraktisan lembar observasi guru yang diperoleh 3 85. Skor kepraktisan lembar observasi siswa diperoleh nilai 3 63. Skor kepraktisan angket respon siswa diperoleh nilai 3 41. Keefektifan produk ditunjukkan oleh nilai soal tes siswa diperoleh nilai rata-rata siswa sebesar 82 86 dengan persentase ketuntasan 86%. Dengan demikian RPP dan LKS dengan pendekatan CTL pada materi statistka yang dikembangkan dinyatakan valid praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/181597

Actions (login required)

View Item View Item