analisis kesalahan siswa SMP dalam menyelesaikan soal rotasi pada materi transformasi Geometri beserta scaffoldingnya - Repositori Universitas Negeri Malang

analisis kesalahan siswa SMP dalam menyelesaikan soal rotasi pada materi transformasi Geometri beserta scaffoldingnya

Oktaviva, Filo Bi (2021) analisis kesalahan siswa SMP dalam menyelesaikan soal rotasi pada materi transformasi Geometri beserta scaffoldingnya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan siswa dan menentukan scaffolding untuk mengurangi kesalahan siswa kelas IX SMPN 2 Muncar dalam menyelesaikan soal rotasi pada materi transformasi geometri berdasarkan langkah penyelesaian Polya. Scaffolding yang digunakan yaitu level 2 explaining reviewing and restructuring oleh Anghileri. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini berjumlah 2 siswa yang telah mempelajari materi transformasi geometri dan menyelesaikan soal tes sebelum scaffolding yang dipilih berdasarkan perbedaan model pengerjaan jawaban penyelesaian soal. Instrumen yang dipakai berupa soal tes sebelum scaffolding pedoman scaffolding dan soal tes setelah scaffolding. Hasil penelitian berdasarkan soal tes sebelum scaffolding menunjukkan bahwa kedua subjek melakukan kesalahan pada semua tahapan Polya yaitu salah dalam memahami masalah merencanakan penyelesaian masalah menyelesaikan masalah dan meninjau kembali peneliti menentukan scaffolding untuk mengurangi kesalahan siswa pada soal tes sebelum scaffolding. Setelah scaffolding diberikan kedua subjek tidak ada kesalahan berdasarkan tahapan penyelesaian masalah Polya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GA Mathematical geography. Cartography
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2021 04:29
Last Modified: 15 Aug 2023 02:17
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/181596

Actions (login required)

View Item View Item