penerapan model penemuan terbimbing untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas viii smp negeri 23 malang pada materi garis singgung persekutuan dua lingkaran / firda amelia - Repositori Universitas Negeri Malang

penerapan model penemuan terbimbing untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas viii smp negeri 23 malang pada materi garis singgung persekutuan dua lingkaran / firda amelia

Amelia, Firda Amelia (2021) penerapan model penemuan terbimbing untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas viii smp negeri 23 malang pada materi garis singgung persekutuan dua lingkaran / firda amelia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan sistem dalam jaringan atau daring (online) karena penelitian ini bertepatan dengan peraturan pemerintah agar sekolah tidak melaksanakan pembelajaran tatap muka di kelas selama pandemi Covid-19 belum dituntaskan oleh pemerintah. Permasalahan utama pada penelitian ini adalah rendahnya pemahaman siswa pada materi lingkaran di kelas 8.6 SMP Negeri 23 Malang yang dimana akan diterapkan pada materi garis singgung persekutuan dua lingkaran. Oleh sebab itu dalam penelitian ini memiliki tujuan penelitian untuk memperoleh deskripsi tentang penerapan model penemuan terbimbing yang dapat meningkatkan pemahaman siswa pada garis singgung persekutuan dua lingkaran di kelas 8.6 SMP Negeri 23 Malang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan desain penelitian yang mengacu pada Kemmis dan Mc. Taggart yaitu perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 8.6 SMP Negeri 23 Malang yang berjumlah 32 orang siswa yang terdiri dari 16 orang siswa laki-laki dan 16 orang siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model penemuan terbimbing dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi garis singgung persekutuan dua lingkaran di kelas 8.6 SMP Negeri 23 Malang yang ditempuh dengan cara guru merumuskan masalah siswa menyusun dan menganalisis data serta membuat konjektur dengan bimbingan guru seperlunya siswa mempresentasikan hasil penemuannya siswa mengerjakan soal latihan tambahan guru bersama siswa menyimpulkan materi yang dipelajari. Hal tersebut dapat dilihat pada peningkatan pemahaman siswa dari siklus I ke siklus II.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/181593

Actions (login required)

View Item View Item