penerapan model realistic mathematics education (rme) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas vii mtsn 1 kota malang / dias sagita maharani - Repositori Universitas Negeri Malang

penerapan model realistic mathematics education (rme) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas vii mtsn 1 kota malang / dias sagita maharani

Maharani, Dias Sagita Maharani (2021) penerapan model realistic mathematics education (rme) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas vii mtsn 1 kota malang / dias sagita maharani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena kurangnya kemampuan pemecahan masalah yang dimiliki siswa kelas VII-E MTsN 1 Kota Malang karena model pemebelajaran yang digunakan terfokus pada penjelasan guru serta kurangnya interaksi langsung antara guru dan siswa. Oleh karena itu dilakukan penelitian dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII MTsN 1 Kota Malang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) karena peneliti memberikan tindakan dalam bentuk penerapan model RME selama pembelajaran berlangsung. Model Realistic Mathematics Education (RME) menggunakan masalah di kehidupan sehari-hari selama pembelajarannya karena diharapkan siswa mampu menemukan kembali ide dan konsep dengan memanfaatkan masalah di sekitar siswa dan diharapkan siswa dapat mengaitkannya dengan konsep matematika yang dipelajari. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas VII-E MTsN 1 Kota Malang. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dimana di setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan. Tahapan penelitian ini ada 4 yaitu (1)perencanaan (2)pelaksanaan (3)pengamatan (4)refleksi. Dari analisis data yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan model Realistic Mathematics Education dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Adapun tahapan RME yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah yaitu (1) memahami masalah (2)menyelesaikan masalah (3)membandingkan dan mendiskusikan (4)menarik kesimpulan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/181588

Actions (login required)

View Item View Item