Handayani, Eka Dian (2010) Pengembangan paket IPA terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema bunyi untuk siswa kelas IX SMP Negeri 4 Kepanjen / Eka Dian Handayani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Handayani Eka Dian. 2010. Pengembangan Paket IPA Terpadu Berbasis Konstruktivisme dengan Tema Bunyi untuk Siswa Kelas IX SMP Negeri 4 Kepanjen. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Supriyono Koes H. M.Pd MA (2) Drs. Triastono Imam Prasetyo M.Pd. Kata kunci Paket IPA Terpadu tema bunyi Peraturan Menteri Pendidikan Nasional secara tegas menyatakan bahwa subtansi mata pelajaran IPA pada SMP/MTs merupakan IPA Terpadu. Hasil penelitian awal terhadap pengembangan paket IPA Terpadu berbasis konstruktivisme di wilayah Malang Raya pada tahun 2008 juga menunjukkan bahwa kebutuhan guru IPA SMP di Malang Raya terhadap paket IPA Terpadu benar-benar mendesak. Sebagian besar guru IPA (35 dari 37 orang atau 94 6%) menyatakan bahwa mereka membutuhkan paket IPA Terpadu untuk pembelajaran IPA SMP. Hasil pengamatan di beberapa toko buku di Kota dan Kabupaten Malang juga menunjukkan bahwa belum ditemukan buku IPA SMP yang dirancang secara terpadu. Penelitian ini bertujuan mengembangkan Paket IPA Terpadu dengan tema Bunyi untuk siswa kelas IX SMPN 4 Kepanjen yang layak dan Panduan Pelaksanaan Paket IPA Terpadu dengan tema Bunyi untuk guru SMPN 4 Kepanjen yang layak. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Langkah penelitian pengembangan yang diterapkan pada penelitian ini adalah (1) studi pendahuluan (2) perencanaan (3) pengembangan bentuk awal produk (4) uji coba lapangan awal dan (5) revisi produk utama. Kelayakan Paket IPA Terpadu dan Panduan Pelaksanaan Paket IPA Terpadu dengan tema Bunyi dinilai menggunakan angket. Angket ini tidak dikembangkan sendiri tetapi diambil dari penelitian Koes H. 2009. Penilaian kelayakan dilakukan oleh 2 dosen IPA dan 2 guru IPA SMP. Jenis data yang diperoleh adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penilaian angket dianalisis dengan teknik analisis rata-rata untuk mengetahui tingkat kelayakan paket yang dikembangkan. Hasil penilaian menunjukkan bahwa Paket IPA Terpadu dengan Tema Bunyi memperoleh nilai rata-rata 3 76 yang berarti layak sedangkan Panduan Pelaksanaan Paket IPA Terpadu memperoleh nilai rata-rata 3 71 yang berarti layak. Dengan demikian dari hasil penilaian dapat disimpulkan bahwa Paket IPA Terpadu dan Panduan Pelaksanaan Paket IPA Terpadu dengan tema Bunyi telah dinilai layak. Walaupun sudah dikategorikan layak Paket IPA Terpadu dan Panduan Pelaksanaan Paket IPA Terpadu belum dapat digunakan sebagai pedoman dan sumber belajar bagi siswa. Untuk dapat digunakan disarankan melakukan uji empirik terhadap Paket IPA Terpadu dan Panduan Pelaksanaan Paket IPA Terpadu sehingga dapat diketahui tingkat efektivitas paket terhadap siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Jul 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18158 |
Actions (login required)
View Item |